Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Air

Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Air, untuk memahami keunggulan lokasi terhadap transportasi air, perhatikan gambar berikut!

Gambar 1.18. Perahu dayung salah satu sarana transportasi air di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Gambar 1.18. di atas merupakan contoh sarana transportasi air. Apakah kamu pernah menggunakan alat transportasi di atas? Di daerah mana kamu dapat menemukan peralatan transportasi di atas? Indonesia adalah negara yang 2/3 wilayahnya merupakan wilayah perairan. Karena itu, kamu dapat menemukan sarana transportasi air di berbagai daerah di Indonesia.

Setelah kamu mengerjakan aktivitas kelompok, kamu tentu menemukan sarana dan prasarana transportasi, benda yang diangkut, serta keunggulan dan kelemahan sarana transportasi air. Sarana apa saja yang biasa digunakan untuk transportasi air? Sampan, perahu, kapal merupakan sarana transportasi yang biasa digunakan untuk transportasi air.

Sarana transportasi air

Dapat digunakan di sungai, danau, selat, maupun laut. Apabila dalam transportasi darat banyak diperlukan jalan raya, maka dalam transportasi air yang lebih banyak diperlukan adalah sarana berupa dermaga, pelabuhan, dan rambu-rambu.

Sungai-sungai di Indonesia terutama di Sumatra dan Kalimantan, banyak yang dapat dilalui kapal-kapal kecil maupun besar. Digunakan untuk apa saja sarana transportasi air? Transportasi air dapat digunakan untuk mobilitas manusia dan angkutan barang. Selanjutnya perhatikan gambar 1.19.!

Gambar 1.19. Suasana mobilitas manusia dan angkutan barang di pelabuhan
Gambar 1.19. Suasana mobilitas manusia dan angkutan barang di pelabuhan

Gambar 1.19. di atas memberikan informasi bahwa transportasi air memberikan peran besar dalam mobilitas manusia dan angkutan atau distribusi barang. Distribusi barang antarpulau di Indonesia sebagian besar menggunakan kapal. Angkutan antarpulau menggunakan kapal-kapal besar seperti gambar di atas dapat menampung barang dalam jumlah besar. Berbagai hasil tambang dari berbagai daerah di Indonesia diangkut menggunakan kapal-kapal besar.

Selain transportasi laut,

Di beberapa wilayah Indonesia yang memiliki sungai yang panjang seperti di Sumatra, Kalimantan, dan Papua, di mana tranportasi air melalui sungai telah berjalan sejak zaman dahulu. Sarana transportasi sungai mampu menghubungkan antar daerah di suatu pulau di Indonesia. Kamu amati peta di bawah ini!

Gambar 1.19. Suasana mobilitas manusia dan angkutan barang di pelabuhan
Gambar 1.19. Suasana mobilitas manusia dan angkutan barang di pelabuhan

Gambar 1.20. menggambarkan kekayaan sarana transportasi sungai di Pulau Kalimantan. Sungai-sungai panjang di Pulau Kalimantan menjadi prasarana penting berbagai sarana transportasi air. Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan merupakan salah satu contoh kota yang berada dekat dengan muara Sungai Barito. Sampai saat ini Sungai Barito merupakan prasarana transportasi penting di Kalimantan Selatan.

Sungai tersebut menghubungkan Kota Banjarmasin dengan daerah-daerah lain di Kalimantan Selatan, bahkan terhubung sampai ke Kalimantan Tengah. Banjarmasin merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat banyak sungainya, sehingga memperoleh sebutan “kota seribu sungai”.

Pengaruh lokasi Indonesia terhadap transportasi air sangat besar peranannya dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Transportasi air merupakan transportasi yang paling besar pengaruhnya dalam menghubungkan antar pulau di Indonesia. Bahkan hubungan dengan luar negeri juga sangat terbantu oleh transportasi air.

Kapal Pinisi

Kondisi ini berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Nenek moyang bangsa Indonesia telah melakukan interaksi dengan masyarakat antar pulau dan dengan masyarakat luar negeri menggunakan transportasi air. Kamu tentu sangat mengenal lagu nenek moyangku. Lagu tersebut menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sebagai bangsa yang hebat.

Gambar 1.21. Kapal Pinisi
Gambar 1.21. Kapal Pinisi

Perhatikan gambar 1.21. di samping! Bukti kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia salah satunya dapat dilihat dari keterampilan masyarakat Bugis Sulawesi dalam mengembangkan teknologi perahu layar. Teknologi perahu layar yang dikenal dengan Kapal Pinisi terkenal ke berbagai negara dan mampu digunakan untuk mengarungi samudera ke berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri. Bagi kamu yang dekat kota Makasar, kamu dapat mengunjungi Museum Pinisi di Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

Lokasi Indonesia yang sebagian besar berupa perairan dan kepulauan tidak menghalangi mobilitas manusia dan angkutan/distribusi barang antarwilayah. Perairan, ternyata bukan sebagai pemisah antar pulau, tetapi menjadi jembatan penghubung antar pulau. Karena itu, selayaknya bangsa Indonesia senantiasa menjaga perairan baik laut maupun sungai, agar terjaga kelestariannya dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.