Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 8

Pengaruh Keunggulan Tanah terhadap Kegiatan Ekonomi

Advertisement

Pengaruh Keunggulan Tanah terhadap Kegiatan Ekonomi, Iklim muson tropis membawa dampak pergantian musim di Indonesia. Keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang. Tanaman untuk kebutuhan sehari-hari dapat ditanam di setiap waktu. Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim yakni musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur. Kondisi tersebut tidak memungkinkan melakukan aktivitas pertanian dengan baik. Kesuburan tanah yang dimiliki Indonesia menyebabkan seseorang juga dapat mengolah tanahnya untuk pertanian dan perkebunan dengan baik. Contohnya tampak pada gambar 1.12!

Gambar 1.12. Petani sayuran di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah menghasilkan tanaman sayuran yang didistribusikan ke berbagai kota di Jawa Tengah

Dari gambar 1.12., tampak bahwa pengaruh keunggulan iklim dan tanah mampu menghasilkan aktivitas produksi pertanian, yang hasilnya berupa produk sayuran. Produksi sayuran akan menimbulkan kegiatan ekonomi yang kedua yaitu distribusi. Adanya distribusi akan menciptakan kegiatan konsumsi, karena produk yang dihasilkan harus didistribusikan ke konsumen agar diperoleh pendapatan.

Wawasan 

Pengaruh Keunggulan Tanah terhadap Kegiatan Ekonomi, keunggulan iklim di Indonesia menyebabkan kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi, maupun konsumsi dapat berlangsung sepanjang tahun. Keunggulan geostrategis negara Indonesia yaitu lokasinya yang strategis karena berada pada posisi silang antara dua benua dan dua samudra, sehingga perdagangan antar bangsa di Indonesia menjadi sangat ramai. Kesuburan tanah di Indonesia menyebabkan kegiatan pertanian maupun perkebunan dapat berlangsung dengan baik, dengan hasil yang beraneka ragam.

Advertisement

Renungkan!

Indonesia memiliki keunggulan iklim yang memiliki 2 musin yaitu musin kemarau dan musin hujan sepanjang tahun, geostrategis, dan kondisi tanah yang subur sangat potensial untuk kegiatan ekonomi. Untuk memanfaatkan keunggulan tersebut diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Bangsa Indonesia harus pandai bersyukur karena dikaruniai keunggulan lokasi dan iklim yang sangat menguntungkan. Karena itu kamu harus belajar giat agar memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan yang hebat, sehingga mampu memanfaatkan keuntungan pengaruh lokasi Indonesia untuk kegiatan ekonomi yang mampu bersaing dengan produk ekonomi negara-negara lain.

Setelah kamu mengetahui pengaruh lokasi terhadap kegiatan ekonomi, selanjutnya kamu dapat mempelajari bagaimana pengaruh lokasi terdahap kegiatan transportasi pada uraian berikut.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button