Ekonomi

Proses produksi tergantung faktor produksi yang masuk ke dalamnya

Proses produksi tergantung faktor produksi yang masuk ke dalamnya, Suatu produk tergantung dari proses produksi yang dilaksanakan. Sedangkan proses produksi tergantung pula dari faktor produksi yang masuk ke dalamnya.

Hal ini berarti nilai produk yang dihasilkan tersebut tergantung dari nilai faktor produksi yang dikorbankan dalam proses produksinya. Keterkaitan antara nilai produk (output) dengan nilai faktor produksi (input) dalam proses produksi itu disebut fungsi produksi.

Fungsi produksi adalah suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkan hubungan antara faktor-faktor produksi (input) dan tingkat produksi yang dihasilkan (Output). Fungsi Produksi dapat dirumuskan sebagai berikut:

Tingkat produksi atau Output

Dimana: Q = Tingkat produksi atau Output, (X1, X2, X3,…Xn) = Berbagai faktor produksi (input) yang digunakan dalam jumlah tertentu.

Pada umumnya dalam proses produksi faktor produksi (input) yang menentukan antara lain: Modal (K), Tenaga Kerja (L), Sumber Daya Alam (R), dan Teknologi (T).

Produksi rata-rata (AP) adalah produksi yang secara rata-rata dihasilkan oleh seorang tenaga kerja.

Total Produksi

Dimana: TP = Total Produksi, L = Tenaga Kerja 

Produksi marginal (MP) adalah tambahan produksi yang diakibatkan oleh pertambahan satu unit tenaga kerja yang digunakan

Produksi marginal

Biaya Produksi

Biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk dapat menghasilkan output. Biaya produksi digolongkan ke dalam dua bagian: 

1. Biaya Tetap (Fixed Cost/ FC) adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan walaupun tidak berproduksi.

2. Biaya Variabel (Variable Cost/VC) adalah biaya input variabel yang besarnya berubah-ubah seiring dengan perubahan jumlah output yang dihasilkan. Jika output yang dihasilkan bertambah maka biaya variabel akan naik, sebaliknya jika jumlah output yang dihasilkan berkurang maka biaya variabel akan turun.  

Baca juga Ringkasan Manusia sebagaimana makhluk hidup lainnya mempunyai kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button