Advertisement
Berita

Persiapan Masuk Sekolah Setelah Libur Nasional

Advertisement
Advertisement

Persiapan masuk sekolah setelah libur nasional. Masa libur sekolah akan segera berakhir, sudah saatnya mulai sekarang persiapan masuk sekolah. Libur sekolah memang menyenangkan bisa piknik, pulang kampung, tidur sampai siang hari, dll.

Masa-masa libur sekolah dan libur nasional ini, bisa membuat pikiran kita menjadi fresh kembali setelah menjalankan rutinitas sekolah yang setiap hari harus bangun pagi siap-siap ke sekolah, mengerjakan tugas dan menghafalkan materi pelajaran.

Hal ini mungkin untuk sebagian pelajar menjenuhkan tetapi mau tidak mau harus dijalankan, karena hal ini bagian dari proses kegiatan belajar yang harus dilalui. Tetapi ada satu hal yang biasa bikin kangen yaitu kumpul-kumpul bersama teman dan canda-canda bersama teman-teman di sekolah.

Aktivitas saat libur pun sebetulnya tidak boleh lepas dari kegiatan belajar, aktivitas belajar harus menjadi bagian dari rutinitas. Saat libur sekolah kegiatan belajar tidak dilakukan di sekolah. Tetapi dilakukan mandiri di rumah masing-masing atau ditempat lain di luar sekolah.

Salah satu contoh kegiatan belajar di luar sekolah saat libur, salah satunya mengasah skill dan minat atau hobby yang bisa di kembangkan sendiri. Saat di rumah bisa belajar main gitar, belajar main drum atau main bola dengan teman atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan minat masing-masing.

Mengasah kemampuan atau skill secara individu tidak kalah pentingnya dengan kegiatan belajar di sekolah. Skill secara individu atau minat secara individu tidak akan dapat ditemukan di sekolah, hanya diri kita yang mampu memahami skill apa atau minat apa yang menarik untuk dikembangkan secara pribadi.

Baca juga Ghama d’Leader School peduli gempa Cianjur

Saat libur sekolah isi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat jangan hanya rebahan di rumah. Walaupun tidak kemana-mana hanya di rumah, banyak hal yang bisa dilakukan dalam lingkungan rumah. Contohnya membantu aktivitas atau kegiatan orang tua di rumah, hal ini sangat positif untuk dilakukan.

Persiapan masuk sekolah yang harus dilakukan

  1. Pertama harus siap-siap merubah kebiasaan saat libur sekolah, seperti
    1. Tidur, disaat liburan biasa nya waktu bangun tidur tidak teratur semaunya kita.
    2. Mandi pagi, berhubungan dengan waktu tidur kalau bangunnya siang mandinya akan lebih siang lagi. 
    3. Pola makan, harus diperhatikan juga jangan sampai pergi ke sekolah tidak sarapan.
  2. Perlengkapan sekolah dari sekarang sudah dipersiapkan
    1. Pakaian sekolah harus sudah dirapikan, sepatu, baju, dasi dan atribut sekolah lainnya dipersiapkan.
    2. Alat-alat perlengkapan sekolah, seperti tas, buku, alat tulis dll. di cek dan dirapikan kalau ada yang perlu dibeli jangan mendadak supaya tidak merepotkan.
  3. Tidak kalah pentingnya mereview kembali pelajaran
    1. Libur semester, libur sekolah kali ini bukan libur akhir tahun pelajaran jadi akan melanjutkan pelajaran yang sudah dipelajari.
    2. Lakukan cros dan cek kembali semua pelajaran untuk semester ini karena semester berikutnya akan menentukan kenaikan kelas atau lulus sekolah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site