Advertisement
Advertisement
Advertisement
EkonomiSMK Ekonomika

Rangkuman 3 Materi Ekonomi yaitu Produksi – Distribusi dan Konsumsi

Advertisement

Rangkuman 3 Materi Ekonomi yaitu Produksi – Distribusi dan Konsumsi, Kegiatan ekonomi ada tiga yaitu produksi (menciptakan), distribusi (menyalurkan) dan konsumsi (menggunakan) dimana tujuannya adalah untuk memenui kebutuhan hidup.

Tujuan Produksi

Tujuan produksi antara lain untuk menghasilkan barang/jasa, meningkatkan nilai guna barang/jasa, meningkatkan kemakmuran, meningkatkan keuntungan, memperluas lapangan usaha dan menjaga kesinambungan usaha perusahaan.

Tipe produksi menurut jangka waktunya dibedakan menjadi: proses produksi terputus-putus dan proses produksi campuran. Sedangkan menurut sifatnya dibedakan menjad proses ekstraktif dan proses analitik.

Advertisement

Faktro Produksi

Faktor produksi merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa, yaitu alam, tenaga kerja, modal dan keahlian. Jenis produksi dibedakan berdasarkan hasil produksi (barang dan jasa).

Bidang produksi (ekstraktif, agraris, industri, perdagangan dan jasa), berdasarkan penggunaan faktor produksi (langsung dan tak langsung), berdasarkan sektor produksi (primer, sekunder dan tersier). Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output).

Artikel Terkait

Tujuan Distribusi

Rangkuman 3 Materi Ekonomi, Tujuan distribusi antara lain menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen: mempercepat sampainya hasil produksi ke tangan konsumen, tercapainya pemerataan produksi, menjaga kontinuitas produksi, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, dan meningkatkan nilai guna barang dan jasa.

Saluran distribusi melalui tiga cara, yaitu langsung, tidak langsung dan semi langsung, sedangkan distributornya antara lain: grosir, agen, retailer. Fungi distribusi dikelompokkan menjadi dua, yakni fungsi pokok dan fungsi tambahan.

Gambar 26a. Ekpedisi barang-barang konsumen (ilustrasi foto/pujiwaticargo.co.id)

Tujuan Konsumsi

Tujuan konsumsi antara lain: mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap, menghabiskan nilai guna barang sekaligus, memuaskan kebutuhan secara fisik, dan memuaskan kebutuhan rohani.

Baca juga Fungsi Produksi Dapat Dinyatakan Dalam Rumus yang Sederhana

Advertisement

Sedang faktor yang mempengaruhinya yaitu penghasilan, selera, adat istiadat, mode, demonstration effect, iklan dan prakiraan harga. Fungsi konsumsi adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara konsumsi (C) dengan pendapatan (Y).

Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button