EkonomiSMK Ekonomika

Fungsi Produksi Dapat Dinyatakan Dalam Rumus yang Sederhana

Fungsi Produksi Dapat Dinyatakan Dalam Rumus yang Sederhana, Faktor produksi merupakan masukan (input) sedang hasil produksi merupakan keluaran (output). Teori produksi pada prinsipnya merupakan hubungan antara jumlah output maksimum yang bisa diproduksi dengan menggunakan sejumlah input-input yang tersedia (Amaliawati, Murni, dalam Nisa, 2019).

Berdasarkan teori produksi, jumlah output merupakan fungsi dari faktorfaktor produksi yang digunakan dalam proses produksi. Hal ini berarti input selalu tergantung dengan output. Semakin banyak input (faktor produksi ) yang dipergunakan dalam proses produksi, semakin besar jumlah output yang dihasilkan. Fungsi produksi dapat dinyatakan dalam rumus sebagai berikut :

Gambar 16a. Rumus Fungsi Produksi (ilustrasi foto/istimewa)

Kebutuhan manusia semakin lama semakin berkembang dikarenakan majunya peradaban, tingkat pendidikan yang semakin baik sehingga menyebabkan makin beragam kebutuhan.

Jumlah penduduk yang semakin bertambah mengakibatkan kebutuhan akan barang dan jasa semakin meningkat, disamping itu adanya barang-barang yang rusak sehingga perlu di ganti serta adanya keinginan untuk meningkatkan kemakmuran atau taraf hidupnya. Keadaan ini menuntut adanya upaya untuk meningkatkan hasil/memperluas produksi.

Perluasan Produksi

Perluasan produksi dapat ditempuh dengan beberapa cara yaitu :

  1. Ekstensifikasi yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan menambah faktor-faktor produksi, baik alam, tanah, tenaga kerja maupun modal.
  2. Intensifikasi yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan produksi/produktivitas masing-masing faktor produksi tanpa menambah jumlahnya.
  3. Spesialisasi yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pembagian kerja sesuai tingkat keahlian tenaga kerja.
  4. Diversifikasi yaitu usaha peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui penganekaragaman produk.
  5. Otomatisasi yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pemakaian mesin atau peralatan canggih dan modern.

Baca juga Aktivitas Distribusi Untuk Menyalurkan Hasil Produksi Kedapa Konsumen

Gambar 16b. Salah satu proses produksi sablok kaos (ilustrasi foto/konfeksihasan.com)
Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button