ArtikelBerita

Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Bagaimana mengevaluasi implementasi projek profil? Apa saja tindak lanjut yang bisa dilakukan untuk memperluas dampak dan manfaat projek profil?

Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hal yang harus diperhatikan dalam evaluasi implementasi projek profil:

Evaluasi implementasi projek profil bersifat menyeluruh.

Evaluasi ini bukan hanya terhadap pembelajaran peserta didik, tetapi juga terhadap proses pembelajaran pendidik dalam menyiapkan aktivitas projek profil juga kesiapan satuan pendidikan dan lingkungan satuan pendidikan lain dalam menjalankan projek profil.

Evaluasi implementasi projek profil fokus kepada proses dan bukan hasil akhir.

Jadi tolak ukur dari evaluasi adalah perkembangan dan pertumbuhan diri peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan.

Misalnya: yang dievaluasi bukanlah berapa banyak peserta didik mendapatkan nilai akhir yang tinggi atau kualitas produk, tetapi yang dievaluasi adalah bagaimana dan seberapa jauh peserta didik mengalami pembelajaran dan mengembangkan profil pelajar Pancasila selama projek profil berjalan.

Untuk pendidik, perkembangan yang bisa diukur adalah kemampuan pendidik dalam merancang aktivitas pembelajaran berbasis projek profil. Untuk satuan pendidikan, perkembangan yang bisa diukur adalah tingkat kesiapan satuan pendidikan dan kesinambungan pelaksanaan pembelajaran berbasis projek profil, serta kerjasama tim fasilitator projek profil.

Baca juga Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Bisa Anda Ikuti dengan Mudah!

Tidak ada bentuk evaluasi yang mutlak dan seragam.

Setiap satuan pendidikan memiliki kesiapan pelaksanaan projek profil yang berbeda, begitu juga dengan kesiapan pendidik dan peserta didiknya dalam mengikuti pembelajaran berbasis projek.

Oleh karena itu, evaluasi implementasi projek profil seyogyanya dikembangkan dengan menyesuaikan konteks satuan pendidikan. satuan pendidikan dan pendidik yang sudah terbiasa menjalankan pembelajaran berbasis projek tentu akan mempunyai sasaran perkembangan yang berbeda dengan satuan pendidikan dan pendidik yang baru memulai proses pembelajaran berbasis projek, sehingga tidak bisa disamakan.

Bentuk Asesmen

Gunakan berbagai jenis bentuk asesmen yang dilakukan tersebar selama projek profil dijalankan untuk mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh. Hindari menggunakan hanya satu jenis asesmen yang hanya dilakukan di akhir projek profil. 

Libatkan peserta didik dalam evaluasi.

Keterlibatan peserta didik penting agar peserta didik merasakan rasa kepemilikan terhadap projek profil, juga agar evaluasi lebih menyeluruh.

Baca juga Tahapan pengembangan modul projek profil Pelajar Pancasila

Contoh Alat dan Metode Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Refleksi

Refleksi awal, tengah, dan akhir. pendidik, peserta didik dan satuan pendidikan dapat mengisi lembar refleksi (contoh di lampiran) di awal, pertengahan, dan akhir pelaksanaan projek profil untuk menilai perkembangan pembelajaran dan pendidikan.

Refleksi di awal projek profil dapat membantu pendidik mengukur pengetahuan awal peserta didik dan membantu Pendidik menyiapkan projek profil yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Refleksi di pertengahan dapat memberikan pendidik dan peserta didik umpan balik mengenai proses perkembangan pembelajaran.

Refleksi di akhir projek profil juga dapat memberikan gambaran bagi pendidik, peserta didik, dan satuan pendidikan hal-hal yang sudah berjalan dengan baik dan hal-hal yang perlu perbaikan.

Refleksi dan diskusi dua arah

Pendidik dan peserta didik dapat merefleksikan dan mendiskusikan perkembangan bersama.

Bukan hanya pendidik yang memberikan penilaian secara sepihak, tetapi pendidik juga mendengarkan pandangan peserta didik mengenai perkembangan diri mereka sendiri juga proses pendidikan pendidik.

Pandangan peserta didik ini dapat membuat peserta didik merasa “didengarkan” dan pendidik juga mendapatkan masukan penyempurnaan pendidikan di projek profil berikutnya.

Refleksi melalui observasi dan pengalaman

Pendidikdan peserta didik dapat melakukan observasi secara berkelanjutan selama projek profil berlangsung dan menuangkan pengalaman mereka dalam bentuk tulisan di jurnal dan/atau portofolio.

Refleksi menggunakan rubrik

Rubrik yang efektif dapat memandu proses refleksi menjadi lebih terarah dan objektif. 

Laporan perkembangan peserta didik

Laporan ini seyogyanya diuraikan secara rinci sesuai dengan perkembangan diri individual peserta didik sehingga mereka paham dengan jelas apa yang harus dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker