PJJ IPS KELAS 9

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi & lembaga sosial

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi dan lembaga sosial, Untuk mampu menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi dan lembaga sosial, Ananda terlebih dahulu perlu memahami mengenai pengertian transportasi dan lembaga sosial. Coba Ananda perhatikan penjelasan berikut ini.

a. Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia, binatang atau mesin.

Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, kegiatan transportasi biasanya dilakukan dengan menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi.

Penduduk negara maju jarang memiliki kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar kegiatan transportasi mereka dapat dilakukan dengan menggunakan angkutan umum yang baik dan tepat waktu. Transportasi dibagi menjadi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara.

Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.

b. Lembaga sosial

Lembaga sosial merupakan sistem tata kelakukan dan tata hubungan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup di berbagai bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Selain itu, lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat hidup dengan teratur.

Terdapat lima jenis lembaga sosial yang utama, diantaranya sebagai berikut:

1) Lembaga keluarga, adalah hubungan yang dibentuk berdasarkan keterkaitan darah atau kekerabatan. Lembaga ini dibentuk melalui proses perkawinan.

Lembaga keluarga berfungsi memberi perlindungan pada anggotanya berupa rasa kasih sayang, kebutuhan melanjutkan keturunan, dan sosialisasi nilai.

2) Lembaga politik, merupakan hubungan hasil konsensus yang dilegalkan lewat dokumentasi atau undang-undang. Peranannya menangani mengenai distribusi kekuasaan dalam masyarakat. Secara spesifik, lembaga ini juga berperan dalam menentukan proses pengambilan keputusan publik.

3) Lembaga ekonomi, merupakan tata hubungan yang fokus pada urusan ekonomi, yaitu pada proses produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Lembaga ekonomi menangani bagaimana kegiatan permintaan dan penawaran diciptakan dan bekerja. Lembaga ini memastikan agar manusia dapat memenuhi kebutuhan ekonominya.

4) Lembaga pendidikan, berfokus pada pengembangan kapasitas, skill dan pengetahun manusia. Salah satu bentuk dari lembaga ini adalah sekolah. Peran lembaga pendidikan sangat sentral karena membantu membentuk karakter individu.

5) Lembaga agama, merupakan lembaga yang mengakomodir sistem keyakinan individu. Lembaga agama juga memfasilitasi ritus-ritus keagamaan, yaitu ritual yang berhubungan dengan relasi antara manusia dengan Tuhan. Lembaga agama berperan memproteksi keyakinan yang dianut individu.

Baca juga Faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional

Pengaruh pusat Keunggulan Ekonomi terhadap pendidikan (ilustrasi foto/Siedoo)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button