EkonomiIPS Kelas 8

Pemanfaatan Sumber Daya untuk pemenuhan kebutuhan manusia

Pemanfaatan Sumber Daya untuk pemenuhan kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas diperlukan alat pemuas kebutuhan yang berbentuk barang dan jasa. Kebutuhan manusia akan makan dan minum dipenuhi dengan nasi, roti, kopi, atau teh.

Kebutuhan manusia akan transportasi dipenuhi dengan sepeda motor, mobil angkutan umum, atau mobil pribadi. Kebutuhan manusia akan kesehatan dipenuhi dengan jasa pemeriksaan dokter di rumah sakit atau jasa konsultasi dengan psikolog. Sementara kebutuhan manusia akan pendidikan, antara lain dipenuhi dengan jasa guru atau dosen.

Barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya disediakan oleh produsen. Agar dapat melakukan proses produksi dengan baik, produsen memerlukan sumber daya produktif. Sumber daya produktif disebut juga dengan istilah input atau faktor produksi. Masih ingatkah kalian apa saja yang termasuk faktor produksi? Secara garis besar, ada empat macam sumber daya productive (faktor produksi), yaitu sebagai berikut.

a. Sumber Daya Manusia

Dalam proses produksi, sumber daya manusia diwujudkan dalam bentuk jumlah orang yang bekerja dan waktu yang mereka gunakan untuk bekerja. Dalam sumber daya manusia terkandung kesehatan, kekuatan tenaga, tingkat pendidikan, keahlian, dan keterampilan yang dimiliki, serta motivasi mereka untuk bekerja. 

b. Sumber Daya Alam

Pemanfaatan Sumber Daya alam merupakan sumber daya yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk kekayaan alam, seperti tanah, air, kandungan mineral, kesuburan tanah, dan iklim. Sumber daya alam ada yang dapat diperbarui dan ada pula yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam merupakan sumber daya yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk kekayaan alam (ilustrasi foto/Liputan6)

c. Modal

Sumber daya modal, antara lain berupa uang, peralatan, mesinmesin, bangunan, dan barang lain yang dibuat untuk memproduksi barang dan menunjang kegiatan jasa.

d. Kewirausahaan

Kewirausahaan mencerminkan kemampuan seseorang untuk mengelola dan menyatukan ketiga sumber daya di atas. Kemampuan kewirausahaan diperlukan untuk memimpin, mengorganisasi, dan menggerakkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

Baca juga Motif ekonomi, mendorong seseorang melakukan kegiatan ekonomi

Faktor-faktor produksi di atas dibutuhkan produsen untuk berproduksi. Akan tetapi, untuk melakukan hal itu produsen menghadapi kendala berupa keterbatasan jumlah faktor produksi yang ada atau keterbatasan kemampuan mengelola sumber daya tersebut. 

Akibatnya, jumlah barang dan jasa yang dapat diproduksi juga terbatas. Perlu diingat bahwa kata terbatas dalam hal ini berkaitan dengan jumlah barang dan jasa yang dapat diproduksi dibandingkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, timbul masalah kelangkaan alat pemuas kebutuhan. Lebih jauh mengenai kelangkaan dapat kalian pelajari dalam subbab berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker