IPS Kelas 7Sosiologi

Mengupas Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan

Mengupas Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan. Dalam kompleksitas tatanan sosial, status sosial memiliki peran penting dalam menentukan peran, tanggung jawab, dan harapan seseorang dalam masyarakat. Salah satu jenis status yang menarik untuk diselidiki adalah “ascribed status.”

Ascribed status merujuk pada posisi sosial yang diberikan kepada individu berdasarkan faktor-faktor di luar kendali mereka, seperti kelahiran atau atribut yang dimiliki sejak lahir.

A. Pengertian Ascribed Status

Ascribed status adalah jenis status sosial yang melekat pada individu secara otomatis dan tidak dapat diubah melalui usaha atau tindakan pribadi. Faktor-faktor seperti kelamin, etnisitas, usia, dan latar belakang keluarga seringkali menjadi dasar bagi ascribed status. Sebagai lawan dari achieved status yang diperoleh melalui usaha individu, ascribed status mengacu pada atribut yang ada sejak awal kehidupan seseorang.

B. Contoh Ascribed Status

  1. Jenis Kelamin: Jenis kelamin adalah contoh paling jelas dari ascribed status. Sejak lahir, seseorang diidentifikasi sebagai laki-laki atau perempuan, dan ini membentuk peran serta harapan yang berbeda dalam masyarakat.
  1. Usia: Usia juga merupakan contoh ascribed status. Anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan tahapan usia mereka.
  1. Ras dan Etnisitas: Ras dan etnisitas juga seringkali menjadi dasar ascribed status. Individu dengan latar belakang ras atau etnis tertentu dapat menghadapi persepsi dan harapan sosial yang berbeda.

C. Dampak dan Implikasi Ascribed Status

  1. Tantangan Identitas: Ascribed status dapat membentuk identitas individu sejak awal. Individu mungkin merasa terikat oleh harapan dan norma-norma yang melekat pada status tersebut, bahkan jika itu tidak sesuai dengan aspirasi pribadi mereka.
  1. Pembatasan Peluang: Ascribed status kadang-kadang dapat membatasi akses individu terhadap peluang tertentu. Stereotip dan prasangka terhadap status tertentu dapat menghalangi kemampuan individu untuk mencapai potensi penuh mereka.
  1. Perubahan Sosial: Meskipun ascribed status melekat pada individu, masyarakat berubah seiring waktu. Perubahan dalam pandangan sosial dan perjuangan masyarakat untuk kesetaraan dapat mempengaruhi cara ascribed status diperlakukan.

D. Pentingnya Pemahaman dan Empati

Memahami ascribed status penting dalam membangun masyarakat inklusif dan adil. Mengakui bahwa individu tidak memiliki kendali atas status yang mereka terima dapat mendorong empati dan pengertian terhadap pengalaman orang lain.

Baca juga Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya

Artikel Terkait

Kesimpulan

Ascribed status menggambarkan bagaimana atribut yang dimiliki seseorang sejak lahir dapat membentuk peran, harapan, dan interaksi mereka dalam masyarakat. Meskipun individu tidak memiliki kendali atas ascribed status, kesadaran akan peran pentingnya dalam mempengaruhi kehidupan dan pandangan sosial dapat membantu kita membangun dunia yang lebih inklusif dan beragam.

Mengupas Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan (ft/istimewa)
Gambar. Mengupas Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan (ft/istimewa)

TANYA JAWAB SOAL 

Tanya Jawab Soal akan membantu anda memahami materi di atas. Setelah membaca materi di atas simak tanya jawab berikut untuk pemahaman lembih mendalam, berikut adalah contoh lima pasang pertanyaan dan jawaban tentang tema “Mengupas Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan”:

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan Ascribed Status? 

Jawaban 1: Ascribed Status adalah posisi sosial yang diberikan kepada seseorang berdasarkan faktor-faktor seperti kelahiran, etnis, usia, atau keturunan, bukan karena prestasi atau usaha individu.

Pertanyaan 2: Bagaimana Ascribed Status berbeda dari Achieved Status? 

Jawaban 2: Ascribed Status adalah posisi yang diperoleh secara otomatis berdasarkan faktor-faktor tertentu, sementara Achieved Status diperoleh melalui prestasi dan usaha individu.

Pertanyaan 3: Apa contoh konkret dari Ascribed Status dalam kehidupan sehari-hari? 

Jawaban 3: Contoh dari Ascribed Status adalah jenis kelamin, ras, dan etnis. Sebagai contoh, seseorang yang lahir sebagai perempuan atau berasal dari kelompok etnis tertentu memiliki Ascribed Status yang mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap mereka.

Pertanyaan 4: Bagaimana Ascribed Status dapat memengaruhi peluang seseorang? 

Jawaban 4: Ascribed Status dapat membatasi atau membuka peluang seseorang dalam masyarakat. Misalnya, latar belakang etnis atau asal usul sosial dapat mempengaruhi akses terhadap pendidikan, pekerjaan, dan layanan kesehatan.

Pertanyaan 5: Mengapa penting untuk memahami peran Ascribed Status dalam masyarakat? 

Jawaban 5: Memahami Ascribed Status membantu kita menyadari bagaimana faktor-faktor yang di luar kendali individu dapat memengaruhi posisi dan pengalaman hidup mereka. Ini juga penting dalam memahami ketidaksetaraan sosial dan upaya untuk mencapai keadilan.

Semoga contoh pertanyaan dan jawaban ini membantu Anda memahami lebih lanjut tentang konsep Ascribed Status: Posisi Sosial yang Diturunkan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya!

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button