IPS Kelas 7Sosiologi

Menggenggam Ketinggian Sosial: Mengenal Achieved Status

Menggenggam Ketinggian Sosial: Mengenal Achieved Status. Dalam tatanan sosial, status memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan interaksi individu dalam masyarakat. Salah satu bentuk status yang menarik untuk dijelajahi adalah “achieved status.” Achieved status merujuk pada posisi sosial yang diperoleh oleh individu melalui usaha, prestasi, dan pilihan yang mereka buat dalam hidup.

A. Pengertian Achieved Status

Achieved status adalah jenis posisi sosial yang diperoleh oleh individu melalui upaya pribadi, pencapaian, dan keputusan yang diambil dalam kehidupan. Ini berlawanan dengan assigned status, yang diberikan kepada individu berdasarkan faktor-faktor seperti jenis kelamin, ras, atau asal keluarga. Pencapaian dan upaya individu dalam mencapai achieved status memainkan peran sentral dalam membentuk identitas mereka dan cara mereka berinteraksi dalam masyarakat.

B. Contoh Achieved Status

  1. Pendidikan: Salah satu contoh achieved status yang umum adalah tingkat pendidikan. Individu yang mengejar pendidikan lebih tinggi dan meraih gelar sarjana, magister, atau doktor memperoleh status akademis yang diakui dalam masyarakat. Status ini dapat membuka pintu untuk peluang pekerjaan yang lebih baik dan penghargaan sosial.
  1. Karier: Posisi pekerjaan juga merupakan contoh prominent dari achieved status. Seseorang yang mencapai posisi manajerial atau profesional tinggi dalam karier mereka mencerminkan usaha keras, keterampilan, dan dedikasi yang mereka investasikan dalam pekerjaan mereka.
  1. Keterampilan dan Bakat: Keterampilan dan bakat individu juga dapat menjadi basis untuk achieved status. Misalnya, seorang seniman yang mencapai pengakuan internasional melalui karya-karyanya mencapai status artistik yang diakui di masyarakat.

C. Pengaruh dan Implikasi Achieved Status

  1. Motivasi dan Kegigihan: Achieved status mendorong individu untuk bekerja keras, belajar, dan berkembang dalam upaya mencapai tujuan mereka. Motivasi internal untuk mencapai pencapaian tersebut sering kali menjadi pendorong yang kuat dalam hidup mereka.
  1. Kontrol atas Identitas: Dalam achieved status, individu memiliki lebih banyak kendali atas bagaimana mereka ingin diidentifikasi dan dilihat oleh orang lain. Hal ini dapat memungkinkan mereka untuk membentuk identitas yang lebih sesuai dengan aspirasi dan nilai-nilai pribadi.
  1. Pertumbuhan Pribadi: Perjalanan menuju mencapai status tertentu membentuk pengalaman hidup yang berharga. Perjalanan ini sering kali melibatkan tantangan, belajar dari kegagalan, dan perkembangan keterampilan yang mendalam.

D. Menghadapi Tantangan dan Harapan

Walaupun achieved status memberikan peluang dan keuntungan, hal ini juga dapat membawa tekanan dan tanggung jawab. Harapan masyarakat terhadap individu dengan achieved status tertentu bisa tinggi, dan kadang-kadang individu mungkin merasa tertekan untuk mempertahankan pencapaian mereka.

Baca juga Karakteristik peserta didik berdasarkan Status Sosial

Kesimpulan

Achieved status menggambarkan kisah individu dalam perjalanan hidup mereka menuju pencapaian dan pengakuan. Proses ini mencerminkan usaha, tekad, dan keterampilan yang individu investasikan dalam mencapai tujuan mereka. Melalui achieved status, masyarakat menghargai kerja keras dan potensi manusia untuk mencapai hal-hal besar dalam hidup.

Artikel Terkait
Menggenggam Ketinggian Sosial: Mengenal Achieved Status (ft/istimewa)
Gambar. Menggenggam Ketinggian Sosial: Mengenal Achieved Status (ft/istimewa)

TANYA JAWAB SOAL 

Tanya Jawab Soal akan membantu anda memahami materi di atas. Setelah membaca materi di atas simak tanya jawab berikut untuk pemahaman lembih mendalam, berikut adalah contoh lima pasang pertanyaan dan jawaban tentang tema “Menggenggam Ketinggian Sosial: Mengenal Achieved Status”:

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan Achieved Status? 

Jawaban 1: Achieved Status mengacu pada posisi sosial yang diperoleh seseorang melalui usaha, prestasi, dan kemampuan pribadi.

Pertanyaan 2: Bagaimana perbedaan antara Achieved Status dan Assigned Status? 

Jawaban 2: Assigned Status adalah posisi sosial yang diberikan secara otomatis, sedangkan Achieved Status diperoleh melalui usaha dan prestasi individu.

Pertanyaan 3: Apa contoh nyata dari Achieved Status? 

Jawaban 3: Sebagai contoh, seseorang yang memulai perusahaan kecil dan berhasil mengembangkannya menjadi perusahaan besar memiliki Achieved Status sebagai seorang pengusaha sukses.

Pertanyaan 4: Mengapa Achieved Status dianggap penting dalam masyarakat? 

Jawaban 4: Achieved Status mencerminkan usaha individu untuk mencapai tujuan dan meraih prestasi, sehingga dapat memberikan penghargaan sosial dan ekonomi serta memengaruhi kedudukan seseorang dalam masyarakat.

Pertanyaan 5: Apa tantangan yang mungkin dihadapi dalam mencapai Achieved Status yang lebih tinggi? 

Jawaban 5: Beberapa tantangan meliputi persaingan ketat, hambatan ekonomi, dan kurangnya akses terhadap pendidikan atau peluang, yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mencapai status yang lebih tinggi dalam masyarakat.

Semoga contoh pertanyaan dan jawaban ini memberikan gambaran yang lebih baik tentang konsep Menggenggam Ketinggian Sosial: Achieved Status. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau informasi tambahan yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk bertanya!

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button