PJJ IPS KELAS 7

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Diantara Beberapa Lempengan Bumi

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Diantara Beberapa Lempengan Bumi, Setiap negara memiliki ciri-ciri fisik kondisi tertentu begitu juga dengan Indonesia.

Keadaan fisik tersebut dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim. Keadaan fisik akan memengaruhi corak atau karakteristik kehidupan makhluk hidup yang tinggal di atasnya. Secara geologis, Indonesia adalah negara yang terletak di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut.

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia, hal ini menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya. Indonesia juga dilewati oleh dua jalur pegunungan (sirkum) dunia yaitu mediterania dan pasifik, keduanya bertemu di Laut Banda, Kepulauan Maluku.

Kondisi Geologi Indonesia

Peta Lempeng Tektonik Indonesia (ilustrasi foto/docflayer.info)

Berdasarkan gambar di atas,  Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng teknonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertumbukan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Pasifik bertumbukuan Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara.

Tumbukan lempeng tersebut kemudian membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara.

Selain itu tumbukan antarlempeng menghasilkan gempa bumi tektonik, vulkanik, dan gelombang tsunami. Gempa bumi terjadi karena lempeng saling bertumbukkan sehingga menghasilkan getaran sampai ke permukaan bumi.

Dari kenyataan tersebut, Indonesia terbagi menjadi Kawasan geologis sebagai berikut:

  1. Daerah dangkalan sunda meliputi Indonesia bagian barat, seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.
  2. Daerah dangkalan sahul meliputi Indonesia bagian timur, seperti Papua dan Sebagian Maluku.
  3. Peralihan antara dangkalan sunda dan sahul, yaitu Sulawesi dan NusaTenggara.

Dampak dari kondisi itu wilayah Indonesia; rawan gempa vulkanik dan tektonik, terdapat banyak gunung api, tanahnya subur, Kekayaan laut yang melimpah,dan kaya akan bahan tambang. Selain gempa bumi, wilayah Indonesia juga rawan bencana letusan gunung api.

Bentuk Muka Bumi

Kondisi fisik suatu wilayah dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim. Pada penjelasan sebelumnya Ananda sudah mengetahui keadaan geologi Indonesia salah satunya akan berpengaruh kepada bentuk muka bumi.

Bentuk muka bumi Indonesia dapat dibedakan di daratan antara lain, dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, pegunungan, bukit, lembah, dan pantai. sedangkan di perairan antara lain laut, selat, teluk, sungai, danau, dan rawa.

Baca juga Rangkuman Proses Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha

Mengidentifikasi Muka Bumi

Ananda dapat mengidentifikasi bentuk muka bumi, untuk dapat menjawabnya Ananda dapat mencari di internet atau di buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud 2014.

NOBENTUK MUKA BUMIPENJELASAN
1GunungBentuk permukaan daratan yang menjulang lebih tinggi dari daerah sekitarnya.
2Pegunungan………………………………………………………………………………………….
3Bukit………………………………………………………………………………………….
4Dataran Rendah………………………………………………………………………………………….
5Dataran Tinggi………………………………………………………………………………………….
6Sungai………………………………………………………………………………………….
7Lembah………………………………………………………………………………………….
8Laut………………………………………………………………………………………….
9Selat………………………………………………………………………………………….
10Danau………………………………………………………………………………………….
Mengidentifikasi Muka Bumi
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button