Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 10Sosiologi

Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang benar dan terhormat

Advertisement

Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang benar dan terhormat. Sehingga, hidup manusia harus didasari pada suatu iman, yaitu iman kepada Kebenaran. Dalam sejarah umat manusia kebudayaan dan peradaban-peradaban besar selalu bersumber pada agama atau sistem kepercayaan tertentu, baik yang berasal dari wahyu maupun ilham dari bumi. 

Manusia yang berkebudayaan, bertolak hidupnya dari Kebenaran dan berproses menuju kepada Kebenaran Akhir, yaitu kehidupan di akhirat bersama dengan Tuhan. Untuk bisa mencapai kehidupan itu, manusia harus menjalankan hidup secara benar, yaitu cara hidup yang terdiri dari dua dimensi hubungan.

Hubungan manusia dengan  penciptanya

Pertama, adalah hubungan manusia dengan Penciptanya. Kedua, hubungan dengan sesama manusia dan sesama makhluk hidup. Hubungan pertama dilakukan melalui kegiatan yang namanya ibadah. Sedangkan yang kedua melalui amal saleh sepanjang hidup manusia.

Advertisement

Realisasi hidup secara benar adalah dengan iman dan ibadah kepada Tuhan dan amal saleh dalam hubungan dengan sesama manusia dan mahluk lainnya. Dengan demikian dari sudut keagamaan, maka kebudayaan adalah realisasi dari iman dan amal saleh itu sendiri.

Perempuan Bali sedang membawa sajian untuk upacara keagamaan (ilustrasi foto/IDN Times Jabar)

Seperti dalam gambar, beberapa perempuan dari Pulau Bali sedang membawa berbagai sajian untuk kegiatan upacara keagamaan, sekaligus juga sebagai kebudayaan masyarakat setempat. 

Berkebudayaan kegiatan masyarakat

Hidup berkebudayaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui suatu kontrak sosial atau perjanjian bersama. Dalam kontrak sosial tersebut setiap individu rela memberikan sebagian dari kebebasannya untuk bisa diatur oleh suatu otoritas politik, yaitu negara.

Di lain pihak, otoritas negara harus menjamin pemenuhan hak-hak asasi manusia, seperti beragama atau tidak beragama, berpendapat, berkeyakinan, bekerja untuk mencari nafkah, membentuk keluarga dan rumah tangga dan memperoleh keadilan yang luas.

Namun dalam hidup bernegara, setiap warga negara memikul sejumlah kewajiban yang ditetapkan oleh negara berdasarkan kesepakatan bersama, seperti membayar pajak, mengikuti aturan-aturan hukum dan mempertahankan negara. 

Kebudayaan tatanan kehidupan

Kebudayaan adalah suatu cara hidup, kebudayaan juga merupakan sebuah tatanan hidup yang dibagi menjadi empat sektor menurut aturan pergaulannya (Rahardjo, 2007). Pertama, sektor negara yang memiliki alat pemaksa dan monopoli kekerasan berdasar hukum.

Advertisement

Baca juga Multikultural secara etimologis digunakan pada tahun 1950- an di Kanada

Kedua, pasar yang merupakan mekanisme mencari nafkah melalui produksi dan pertukaran yang berkeadilan bagi setiap orang.

Ketiga sektor masyarakat sipil yang didasarkan kepada kesukarelaan dalam tolong-menolong.

Advertisement

Keempat, wilayah kehidupan primordial di tingkat individu dan keluarga yang bersifat privasi. Walaupun keempat sektor itu berbeda dan terpisah, namun merupakan satu kesatuan yang saling berinteraksi guna mencapai tujuan-tujuan kebudayaan.

Budaya dan adat kebiasaan orang-orang baduy yang ada di Banten (ilustrasi foto/MileniaNews) 

 

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button