EkonomiIPS Kelas 8

Harga Pasar (Harga Keseimbangan) antara Penjual dan Pembeli

Harga Pasar (Harga Keseimbangan) antara Penjual dan Pembeli, Di pasar banyak penjual yang menawarkan barangnya dengan harga tertentu. Harga yang ditetapkan oleh penjual biasa disebut harga penjual. Harga penjual cenderung tinggi, karena penjual menginginkan keuntungan yang maksimal. Sementara itu kamu sebagai pembeli tentu juga menetapkan harga penawaran terhadap barang yang akan kamu beli.

Harga yang kamu tetapkan disebut harga pembeli. Harga pembeli cenderung lebih rendah dibanding harga penjual. Apabila antara penjual dan pembeli tidak ada kesepakatan terhadap harga barangnya, maka jual-beli tidak akan terjadi. Tetapi jika antara penjual dan pembeli ada kesepakatan harga setelah melakukan tawar-menawar, maka transaksi jual-beli akan terjadi. Harga yang disepakati antara penjual dan pembeli itu selanjutnya disebut harga keseimbangan (harga pasar). 

Harga Pasar terjadi karena kesepakatan

Berdasarkan kenyataan tersebut, kamu dapat menyimpulkan bahwa harga pasar terjadi karena adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Bisa juga dikatakan bahwa harga pasar terjadi karena adanya keseimbangan atara harga penjual dan harga pembeli. Oleh karena itu harga pasar juga disebut harga keseimbangan. 

Baca juga Keseimbangan Pasar dan Mekanisme Terbentuknya Harga Pasar

Kamu tentu masih ingat, bahwa penjual melahirkan penawaran, sedangkan pembeli melahirkan permintaan. Oleh karena itu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli juga bisa dikatakan sebagai keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Dengan demikian, harga pasar juga bisa dikatakan sebagai harga yang terjadi setelah ada keseimbangan antara penawaran dan permintaan.

Gambar di atas menunjukkan seorang pembeli Kue sedang melakukan tawar-menawar dengan penjual. Proses ini biasanya akan berakhir pada tingkat harga disepakai bersama (ilustrasi foto/GoTravelly)

Kurva Penawaran

Apabila penawaran diujudkan dalam bentuk kurva S dan permintaan diujudkan dalam bentuk kurva D, maka harga pasar (harga keseimbangan) akan terjadi pada saat kurva S berpotongan dengan kurva D. Titik potong kedua kurva itu menunjukkan keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Keseimbangan kurva penawaran dan kurva permintaan yang melahirkan harga pasar itu dapat digambarkan seperti gambar berikut.

Kurva 6 Keseimbangan kurva S dan kurva D

Keterangan: Gambar di atas menunjukkan bahwa keseimbangan antara penawaran dan permintaan terjadi pada titik E (Equilibrium). Pada titik keseimbangan itu, harga pasar yang terjadi setinggi OPo, sedangkan jumlah barang yang ditawarkan dan yang diminta sama sebesar OQo.

Baca juga Keseimbangan Harga, pembeli dan penjual menentukan keseimbangan harga

Rangkuman

Kegiatan pembeli melahirkan konsep permintaan, sedangkan kegiatan penjual melahirkan konsep penawaran. Hubungan antara harga barang dengan jumlah permintaan barang akan melahirkan hukum permitaan, sedangkan hubungan antara harga barang dengan jumlah penawaran barang akan melahirkan hukum penawaran. Permintaan dipengaruhi oleh faktor jumlah pendapatan dan selera orang terhadap barang yang bersangkutan. Sementara itu, penawaran dipengaruhi oleh jumlah produk barang dan adanya barang sustitusi dari barang yang bersangkutan.

Baca juga Penawaran (Supply), kesanggupan penjual mengeluarkan barang pada tingkat harga tertentu

Hubungan antara penjual dan pembeli (penawaran dan permintaan) ini melahirkan harga kesepakatan/kesimbangan yang disebut harga pasar (harga keseimbangan). Di dalam gambar kurva, harg keseimbangan ditunjukkan oleh titik potong antara kurva permintaan dan kurva penawaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button