Advertisement
Advertisement
GeografiIPS Kelas 8

Flora dan Fauna Dilindungi dan Perlu dijaga kelestariannya

Advertisement

Flora dan Fauna Dilindungi dan Perlu dijaga kelestariannya. Flora dan fauna Indonesia merupakan kekayaan alam yang perlu dijaga kelestariannya. Untuk itu, pemerintah menetapkan daerah perlindungan alam (flora, fauna, tanah, dan air) dalam bentuk cagar alam (CA), suaka margasatwa (SM), dan hutan lindung seperti taman nasional (TN) dan taman wisata (TW).

Pelestarian alam ini dimaksudkan agar hewan dan tumbuhan dapat berkembang secara alami tanpa ada gangguan dari luar seperti manusia. Perlindungan alam di Indonesia dilakukan sejak tahun 1912. Jika suatu jenis hewan punah, dapatkah kita menciptakannya kembali? Cobalah cari tempat perlindungan alam di provinsi tempat tinggal kalian dan di Indonesia!

Persebaran Flora dan Fauna di Laut Indonesia

Flora dan fauna laut Indonesia sangat beraneka ragam. Flora atau tumbuhan di laut Indonesia, antara lain plankton, alga, terumbu karang, lamun, dan hutan mangrove.

Advertisement

a. Tumbuhan Laut di Indonesia

Plankton adalah organisme yang hidup melayang atau mengapung di air. Plankton terdiri dari dua jenis, yaitu fitoplankton berupa tumbuhan dan zooplankton berupa hewan.

Alga adalah sejenis tumbuhan laut yang hidup di laut. Tumbuhan ini ada yang mengapung atau melayang dan menancap atau melekat di dasar laut. Alga sering disebut rumput laut. Alga dapat dibedakan menjadi alga hijau, alga cokelat, dan alga merah.

Ketiga jenis alga ini terdapat di seluruh pantai Indonesia dan mempunyai nilai ekonomi. Alga dapat dimanfaatkan untuk obat, sayuran, manisan, dan agaragar. Sementara alga hijau dapat dimakan secara mentah.

Terumbu karang merupakan tumbuhan khas daerah di laut tropik. Bentuk terumbu dan jenisnya bermacam-macam sehingga menampilkan pemandangan indah dan sering dijadikan sebagai taman laut.

Pada terumbu karang hidup berbagai jenis ikan karang, udang karang, alga, teripang, dan kerang mutiara. Terumbu karang terdapat di seluruh pantai laut Indonesia, yang berfungsi untuk melindungi pantai dari ombak laut.

Lamun adalah tumbuhan berbunga yang menyesuaikan diri untuk hidup terbenam di dasar laut. Tumbuhan terdiri dari batang, daun, dan akar. Batang lamun terbenam dan merayap secara mendatar serta berbuku.

Advertisement

Flora dan Fauna Dilindungi dan Perlu dijaga kelestariannya. Pada buku lamun terdapat akar ke bawah yang menancap di dasar laut dan ke atas terdapat batang pendek serta daun. Pembiakan lamun terjadi dalam air laut dan buahnya pun terdapat di laut. Lamun hidup di laut dangkal dan terdapat di pantai Indonesia yang berhadapan dengan Samudra Pasifik.

Hutan mangrove adalah tipe hutan yang terdapat di sepanjang pantai atau muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan mangrove merupakan seluruh tumbuhan yang terdapat di pantai.

Bila hanya terdapat satu jenis tumbuhan tertentu disebut hutan bakau. Hutan mangrove tersebar di seluruh pantai Indonesia dan berfungsi untuk melindungi pantai dari ombak.

Advertisement
Tumbuhan laut dan trumbu karang yang perlu dijaga kelastariannya (ilustrasi foto/Liputan6)

b. Hewan Laut di Indonesia

Fauna atau hewan laut Indonesia terdiri dari berbagai jenis ikan laut dan tersebar di seluruh pantai Indonesia. Keanekaragaman hewan laut Indonesia disebabkan oleh bentuk topografi dan kedalaman laut Indonesia.

Baca juga Keunggulan Lokasi Indonesia yakni iklim geostrategis dan kondisi tanah

Laut di Indonesia termasuk laut dangkal sehingga sinar matahari dapat menembus ke dasar laut dan memungkinkan terjadinya proses fotosintesis. Keadaan ini menyebabkan adanya beberapa sumber makanan bagi hewan laut.

Advertisement

Beberapa burung laut yang terdapat di Indonesia, yaitu burung bangau tongtong, bluwok, kuntul, trinil, pecuk, angsa batu, camar kecil kepala putih, dan bintayung.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button