GeografiIPS Kelas 8

Fauna Indonesia banyak tersebar di pulau-pulau tanah air

Fauna Indonesia banyak tersebar di pulau-pulau tanah air. Jenis dan jumlah fauna Indonesia sangat banyak tersebar di pulaupulau tanah air kita. Berdasarkan tipe persebaran fauna, Indonesia dapat dikelompokkan seperti berikut ini.

a. Persebaran Fauna Indonesia Barat

Fauna Indonesia Barat meliputi fauna di wilayah Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau di sekitarnya. Fauna di wilayah ini disebut corak Asiatis. Fauna Indonesia Barat mempunyai kesamaan dengan fauna Asia. Misalnya, beberapa jenis kera, gajah, macan, tapir, badak, kerbau liar, dan rusa.

Di Sumatra dan pulau sekitarnya terdapat hewan hutan liar, seperti gajah, harimau, macan, tapir, badak, orangutan, kera, pelanduk, buaya senyulong, siamang, kijang, ular, kambing, dan beberapa jenis burung (seperti burung kakatua, kutilang, tekukur, dan gereja). Fauna yang dibudidayakan penduduk, misalnya kambing, kijang, lembu, kerbau, babi, gajah di Lampung, dan buaya di Medan.

Di Jawa dan pulau sekitarnya terdapat jenis hewan hutan, seperti harimau, badak, tapir, domba, kambing, rusa, kerbau, monyet, kerbau liar, ular, musang, dan beberapa jenis burung (seperti burung gereja, belibis, dan unggas). Hewan yang dibudidayakan penduduk, misalnya lembu, kambing, rusa, kerbau, dan domba.

Di Kalimantan dan pulau sekitarnya terdapat jenis hewan hutan, seperti harimau, orangutan, kukang, monyet bekantan, kijang, kahau, musang, pelanduk, buaya, dan beberapa jenis burung (seperti burung elang, pekakak, kakatua, rajawali, serta jenis ular piton dan kobra). Fauna di Kalimantan hidup secara alami karena hutannya masih luas dan masih belum terganggu oleh usaha manusia.

b. Persebaran Fauna Indonesia Tengah

Fauna di Indonesia Tengah meliputi fauna di Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Faunanya merupakan fauna ciri peralihan dan asli Indonesia.

Di Sulawesi dan pulau di sekitarnya ada jenis hewan hutan, seperti kuda, rusa, anoa, musang, tapir, dan monyet. Selain itu, ada beberapa jenis burung, seperti burung gagak, belibis, dan maleo. Fauna yang dibudidayakan penduduk, misalnya rusa dan sapi.

Di Nusa Tenggara dan pulau sekitarnya terdapat jenis hewan hutan, seperti kuda, sapi, rusa, komodo, kerbau, domba, dan beberapa jenis burung (burung kakatua, jalak, dan nuri). Hewan yang dibudidayakan penduduk, misalnya sapi, kuda, kerbau, dan domba.

Baca juga Persebaran Fauna Indonesia

Di Maluku dan pulau di sekitarnya terdapat jenis hewan, seperti  kambing utan, kerbau, kuskus, burung nuri, dan cenderawasih. Fauna yang dibudidayakan penduduk, misalnya kerbau.

Komodo salah satu fauna Indonesia tengah yang dilindungi (ilustrasi foto/Liputan6)

c. Persebaran Fauna Indonesia Timur

Fauna Indonesia Timur meliputi fauna wilayah Pulau Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Fauna Indonesia Timur di Papua bercorak Australia. Di Papua dan pulau sekitarnya terdapat jenis hewan hutan, seperti rusa, kanguru, dan beberapa jenis burung (seperti burung cenderawasih, maleo, kakatua raja, kasuari, nuri, dan parkit).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker