Kesehatan

Cara Menyembuhkan Diare Pada Orang Dewasa

Cara menyembuhkan diare pada orang dewasa
  • A. Apa yang menghentikan diare?
  • B. Obat di apotek untuk sakit perut mencret?
  • C. Apa obat alami sakit perut mencret?

Cara Menyembuhkan Diare Pada Orang Dewasa. Diare atau mencret adalah kondisi di mana terjadi peningkatan frekuensi buang air besar yang biasanya disertai dengan tinja yang encer atau cair. Diare umumnya terjadi akibat gangguan pada saluran pencernaan yang mengakibatkan makanan dan air tidak dapat diserap dengan baik oleh usus. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit, konsumsi makanan yang terkontaminasi, reaksi terhadap obat-obatan tertentu, intoleransi makanan, atau kondisi medis lainnya.

Gejala yang biasanya menyertai diare meliputi tinja cair atau encer, frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya, perut kram atau nyeri, mual, muntah, demam, kehilangan nafsu makan, dan dehidrasi.

Diare umumnya bersifat akut dan berlangsung selama beberapa hari, tetapi dalam beberapa kasus dapat berlangsung lebih lama. Pengobatan diare tergantung pada penyebabnya. Untuk diare ringan, penting untuk menghindari dehidrasi dengan mengonsumsi banyak cairan, seperti air putih, larutan elektrolit oral, dan minuman yang mengandung gula dan garam. Makan makanan yang mudah dicerna dan menghindari makanan yang dapat memperburuk gejala juga dianjurkan.

Jika diare berkepanjangan, parah, disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, atau terjadi pada anak-anak atau orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah, sebaiknya segera menghubungi tenaga medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

A. Apa yang menghentikan diare?

Beberapa faktor yang dapat menghentikan diare meliputi:

  1. Penyebab diare: Jika diare disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit, maka diare biasanya akan berhenti setelah tubuh berhasil mengatasi infeksi. Namun, penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat jika infeksi berlanjut atau menjadi parah.
  1. Rehidrasi: Menggantikan cairan yang hilang akibat diare sangat penting untuk menghentikan diare. Dengan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, fungsi usus dapat pulih dan diare dapat berhenti. Mengonsumsi larutan elektrolit oral atau minuman yang mengandung elektrolit dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.
  1. Perubahan pola makan: Menghindari makanan yang dapat memperparah diare dan memilih makanan yang mudah dicerna dan rendah serat dapat membantu menghentikan diare. Konsumsi makanan seperti nasi, roti putih, kentang, ayam tanpa kulit, dan yogurt rendah lemak bisa membantu.
  1. Obat anti-diare: Dalam beberapa kasus, penggunaan obat anti-diare seperti loperamide dapat membantu menghentikan diare dengan cara memperlambat gerakan usus. Namun, penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter, terutama jika diare disebabkan oleh infeksi.
  1. Perawatan medis: Jika diare berkepanjangan, parah, disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, atau terjadi pada anak-anak atau orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah, perawatan medis lebih lanjut mungkin diperlukan. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab diare dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Penting untuk mencari perawatan medis jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari, sangat parah, atau disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan seperti demam tinggi, darah dalam tinja, atau tanda-tanda dehidrasi yang parah.

B. Obat di apotek untuk sakit perut mencret?

Berikut adalah beberapa obat yang tersedia di apotek dan biasanya digunakan untuk mengatasi sakit perut dan diare pada orang dewasa:

  1. Loperamide: Loperamide adalah obat anti-diare yang bekerja dengan memperlambat gerakan usus. Ini membantu mengurangi frekuensi buang air besar yang berlebihan dan memberikan bantuan sementara dari diare. Tetapi penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan hati-hati dan tidak melebihi dosis yang direkomendasikan.
  1. Bismuth subsalisilat: Bismuth subsalisilat adalah obat yang dapat membantu mengurangi gejala diare seperti frekuensi buang air besar yang berlebihan, mual, dan perut kembung. Obat ini juga dapat melapisi dan melindungi lapisan usus dari iritasi lebih lanjut. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.
  1. Racecadotril: Racecadotril adalah obat yang dapat mengurangi kehilangan cairan yang disebabkan oleh diare. Obat ini bekerja dengan menghambat sekresi cairan ke dalam usus. Biasanya tersedia dalam bentuk kapsul atau larutan oral.
  1. Probiotik: Probiotik adalah suplemen yang mengandung mikroorganisme hidup, seperti bakteri baik, yang membantu memperbaiki keseimbangan mikroflora usus. Probiotik dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan diare serta mempercepat pemulihan usus. Berbagai merek dan jenis probiotik tersedia di apotek.

Penting untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat, serta berkonsultasi dengan apoteker atau dokter sebelum menggunakan obat baru. Jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari, sangat parah, atau disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, sebaiknya mencari perawatan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cara menyembuhkan diare pada orang dewasa (ft/istimewa)
Gambar. Cara menyembuhkan diare pada orang dewasa (ft/istimewa)

Baca juga MANFAAT POLA MAKAN SEHAT BERGIZI DAN SEIMBANG

C. Apa obat alami sakit perut mencret?

Ada beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi sakit perut dan diare ringan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan obat alami sebaiknya dengan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Berikut ini beberapa contoh obat alami yang mungkin dapat membantu:

  1. Teh herbal: Teh herbal seperti teh peppermint, teh jahe, atau teh chamomile dapat membantu meredakan perut kembung, mual, dan meringankan kram perut. Teh herbal memiliki sifat yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.
  1. Yoghurt probiotik: Yoghurt yang mengandung kultur bakteri baik atau probiotik dapat membantu memperbaiki keseimbangan mikroflora usus dan mempercepat pemulihan dari diare. Probiotik membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi durasi diare.
  1. Jahe: Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu mengurangi kram perut. Anda dapat mencoba mengunyah potongan jahe segar atau membuat teh jahe dengan merebus irisan jahe dalam air panas.
  1. Pisang: Pisang mengandung pektin yang dapat membantu mengatasi diare dan melunakkan tinja. Pisang juga memberikan nutrisi penting dan membantu mencegah dehidrasi.
  1. Air putih: Mengonsumsi cukup air putih sangat penting untuk menghindari dehidrasi yang mungkin terjadi akibat diare. Pastikan untuk minum air putih secara teratur untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh.

Namun, jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari, sangat parah, atau disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, sebaiknya mencari perawatan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang lebih tepat.

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button