PPKn Kelas 9

Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan Pancasila

BUGURUKU.COM – Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan Pancasila, Selamat ya, kalian sekarang sudah memasuki semester dua di kelas IX. Semester ini sangat menentukan langkah kalian untuk bisa lulus dari SMP/MTs. Nah, di semester dua ini materi pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) akan semakin memberikan tantangan kepada kalian untuk senantiasa belajar dengan penuh kesungguhan.

Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan Pancasila, pada bab ini kalian akan mempelajari tentang perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila materi yang akan kita pelajari yaitu makna bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, arti penting bertutur kata sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta bertutur kata, bersikap, berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Setelah mempelajari materi ini kalian diharapkan mampu bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dan memiliki keterampilan menyajikan hasil kajian bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah sepantasnya jika dalam kehidupan sehari-hari bertutur kata, bersikap dan berperilaku atau berbudi pekerti sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini harus dilakukan karena Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan ideologi bangsa, dasar negara, pandangan hidup bangsa, serta kepribadian bangsa Indonesia. Jika tiap warga negara mengamalkannya berarti telah membangun budi pekerti yang sesuai dengan nilai Pancasila, maka akan tercipta suasana kehidupan yang religius, damai, harmonis, demokratis dan sejahtera. Mari kita wujudkan!

Hakikat Bertutur Kata, Bersikap dan Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila

Seperti yang telah kalian ketahui sebelumnya, bahwa Pancasila berkedudukan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila dijadikan sebagai landasan kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dalam segala hal, termasuk dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku.

Baca juga Kepatuhan Terhadap Hukum

Tutur kata, sikap dan perilaku merupakan salah satu wujud dari budi pekerti manusia. Tutur kata, sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilainilai Pancasila merupakan wujud budi pekerti luhur manusia Indonesia yang membedakannya dengan manusia dari negara lainnya. Apabila kita bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, hal tersebut menunjukkan keluhuran harkat, derajat dan martabat kita sebagai bagian dari sebuah bangsa yang beradab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button