Advertisement
Advertisement
EkonomiIPS Kelas 10

Alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas untuk mendapatkannya perlu usaha lebih

Advertisement

Alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas untuk mendapatkannya perlu usaha lebih. Alat-alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, bentuknya bisa berupa barang atau jasa.

Peralatan rumah tangga, sepatu, sepeda, pakaian, makanan, rumah tinggal, minuman yang dibutuhkan manusia itu dalam ilmu ekonomi disebut barang, sedangkan pelayanan listrik, telepon, guru, dokter, hakim, polisi, pendidikan, juga dapat memuaskan kebutuhan manusia yang disebut jasa.

Dalam kehidupan sehari-hari barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas, sehingga untuk memperolehnya kita harus mengeluarkan pengorbanan (waktu, biaya atau tenaga). Barang-barang jenis ini disebut barang ekonomi.

Advertisement

Selain itu ada barang yang jumlahnya melimpah seperti sinar matahari di daerah tropis, udara bersih di daerah pegunungan, pasir di sepanjang aliran sungai. Barang-barang ini untuk memperolehnya tanpa pengorbanan, sehingga disebut barang bebas.

Barang-barang bebas tidak dipersoalkan dalam ilmu ekonomi. Barang bebas ada yang dapat berubah menjadi barang ekonomi, contoh: pasir dari sungai dijual ke kota.

Untuk lebih memahami bagaimana barang dan jasa dapat memenuhi kebutuhan manusia, barang/jasa tersebut dikelompokkan menurut kegunaan, hubungannya dengan benda lain dan prosesnya.

1. Menurut Kegunaannya

Benda dibedakan sebagai: a). benda konsumsi, yaitu benda yang dapat langsung digunakan memenuhi kebutuhan Contoh: makanan, pakaian, buah-buahan, dansebagainya. B). benda produksi atau disebut juga barang modal yaitu benda yang dapat digunakan untuk memproduksi benda lain Contoh: peralatan, mesin-mesin, tanah.

2. Benda Menurut Hubungannya dengan Benda Lain

Dapat ditinjau sebagai: a). Benda komplementer adalah benda yang dalam penggunaannya harus bersama-sama dengan benda lain. Contoh: kopi dengan gula, sepatu dengan talinya, minyak dan kompor, bensin dengan kendaraan, dansebagainya. B). Benda substitusi adalah benda yang dalam penggunaannya dapat saling menggantikan.

Contoh: jagung dapat menggantikan beras, margarine dengan mentega, jasa bus dapat menggantikan kereta api.

Advertisement

3. Benda Menurut Proses Pembuatannya.

Benda dapat dilihat sebagai: a). Bahan baku, contoh: hasil hutan, hasil pertanian, atau barang tambang. b). Barang setengah jadi, contoh: barang untuk industri seperti kertas untuk perusahaan percetakan, kulit untuk sepatu, dansebagainya. c). Barang jadi, contoh: meja, kursi, sepeda, kemeja, dansebagainya.

Baca juga Ringkasan Reaksi melawan imperialisme atau kerjasama yang dilakukan oleh bangsa Indonesia terhadap kaum barat

Barang/benda itu berguna karena bermanfaat dapat memenuhi kebutuhan manusia. Hanya saja benda yang disediakan harus diolah lebih dahulu sehingga siap memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya:

Advertisement

Minyak bumi. Minyak bumi dan apa yang terdapat di muka bumi dan terkandung di dalam bumi semuanya masih memerlukan pengelolaan agar lebih berguna. Gejala ini mengisyaratkan kepada kita akan perlunya peningkatan kegunaan benda.

Gambar 118a. Barang-barang yang bermanfaat dapat memenuhi kebutuhan manusia (ilustrasi foto/Dapur Modern)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button