PJJ IPS KELAS 7

Aktivitas produksi distribusi dan konsumsi dalam kegiatan ekonomi

Aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi dalam kegiatan ekonomi, Setiap hari manusia berupaya melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam ilmu ekonomi, segala macam kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi manusia dapat dibedakan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Kegiatan Produksi

Ialah kegiatan manusia untuk mengolah benda-benda yang ada di alam menjadi bahan yang dapat bermanfaat atau memiliki nilai guna bagi manusia.

Kegiatan produksi juga dapat diartikan dengan kegiatan menambah nilai guna suatu barang karena setiap barang memiliki nilai guna/ utilias yang berbeda. Sebagai contoh tanah dan biji jagung diolah petani menjadi tanaman dan buah jagung.

Tanaman jagung bisa digunakan untuk makanan ternak dan buah jagung dapat dijual kepada pedagang di pasar. Hal ini disebut dengan kegiatan produksi karena mengolah dan menghasilkan buah jagung dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Biji jagung yang murah juga bisa digiling pedagang untuk dijadikan makanan burung hias yang lebih mahal, hal ini dinamakan proses produksi karena bertujuan menambah nilai guna suatu barang.

Selain produksi barang, manusia juga dapat melakukan aktivitas produksi jasa. Jasa artinya adalah pelayanan bagi sesama manusia.

Sebagai contoh bapak-ibu guru tidak memproduksi barang tetapi memproduksi jasa berupa ilmu, pemikiran dan perhatian yang diberikan kepada siswa.

Tukang kebun sekolah juga tidak memproduksi barang tetapi jasa membersihkan dan merawat sekolah menjadi nyaman untuk belajar.

Faktor Produksi

Aktivitas produksi distribusi, orang atau lembaga yang melakukan aktivitas produksi disebut sebagai produsen. Untuk melakukan kegiatan produksi, seorang produsen harus ingat tentang tiga hal yaitu;

  1. what yaitu barang apa saja yang bisa dihasilkan berikut bahan-bahannya;
  2. how yaitu bagaimana memilih faktor produksi sesuai dengan prinsip ekonomi; dan
  3. whom yaitu kepada siapa barang produksi didistribusikan.

Terkait dengan hal ini terdapat 4 Faktor produksi yang dapat digunakan oleh produsen untuk menghasilkan barang dan jasa , yaitu;

  1. faktor alam, adalah segalah hal yang disediakan oleh alam untuk bahan melakukan kegiatan produksi, contohnya; tanah, kayu, air, sinar matahari, hasil hutan dan barang tambang.
  2. faktor tenaga kerja, merupakan sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Tenaga kerja dibedakan menjadi tiga kriteria, yaitu tenaga kerja terdidik (skilled labour) atau tenaga kerja yang menempuh Pendidikan formal, contohnya guru, dokter; tenaga kerja terlatih (trained labour) yaitu tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan terlatih, contohnya montir, penjahit; tenaga kerja tidak terdidik dan tenaga kerja tidak terlatih, contohnya tukang sapu dan kuli bangunan.
  3. faktor modal, merupakan segala peralatan atau material produksi yang dibuat manusia untuk menghasilkan barang/jasa. Modal tidak hanya berupa uang tetapi tapi juga dalam bentuk lain seperti peralatan produksi, gedung usaha, alat transportasi dan lain lain.
  4. faktor kewirausahaan adalah kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan dan mengatur semua faktor produksi untuk menghasilkan barang secara efisien dan menguntungkan.

Terkait dengan 4 faktor produksi diatas, faktor alam dan tenaga kerja disebut sebagai faktor produksi asli karena melalui keberadaan dua faktor tersebut, manusia sudah dapat menghasilkan suatu barang.

Baca juga Skala Prioritas Kebutuhan Manusia yang Akan di Penuhi

Sementara faktor modal dan kewirausahaan disebut sebagai faktor produksi turunan karena faktor ini merupakan hasil dari faktor produksi asli.

Para produsen baik barang dan jasa berupaya menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen, memperoleh keuntungan dan menjaga kontinuitas atau keberlangsungan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button