Advertisement
Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 7

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang khas

Advertisement

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang khas, keragaman budaya tersebut dapat diketahui melalui bentuk-bentuk pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, upacara adat dan lain sebagainya.

Baca juga Keragaman Etnik dan Budaya

Rumah Adat

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang khas, Indonesia kaya akan budaya dengan terdapatnya wujud keanekaragaman budaya bangsa kita yang tersebar di berbagai profinsi pada umumnya, hal yang paling kongkerit adalah adanya rumah adat di setiap daerah profinsi di negara kita. Berikut ini tabel beberapa contoh rumah adat di setiap daerah di Indonesia.

Advertisement

Contoh Rumah Adat di Indonesia

Nanggroe Aceh Darussalam (Krong Bade)

Yogyakarta (Rumah Joglo)

Sumatra Barat (Rumah Gadang)

Bali (Rumah adat Gapura Candi Bentar)

Papua (Rumah adat Honai)

Advertisement

Sulawesi Utara (Rumah adat Istana Buton)

Kalimantan Timur (Rumah adat Lamin)

Kalimantan Selatan (Banjar atau Betang)

Advertisement

Nusa Tenggara Timur (Musalaki)

Kalimantan Tengah (Betang)

Pakaian Adat

Pakaian adat tradisional di Indonesia begitu banyak dan beragam, ini merupakan nilai-nilai budaya Indonesia yang tak ternilai harganya yang seharusnya kita jaga dan lestarikan karena kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya lantas siapa lagi? Jangan sampai kita menjadi peduli ketika budaya-budaya kita diklaim oleh negara lain. Berikut ini ada dua contoh pakaian adat dari daerah di Indonesia.

Advertisement

Tarian Daerah

Tari merupakan salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaan melalui gerak. Tarian setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri, biasanya memiliki makna dan simbol tertentu yang terkandung didalamnya. Berikut ini beberapa contoh dari tarian di beberapa daerah di Indonesia.

Dari contoh tarian di atas, menunjukkan betapa kaya dan beragamnya kebudayaan Indonesia. Gerakan yang indah diiringi dengan irama musik yang memukau, dapat menyuguhkan suatu pertunjukan karya seni yang luar biasa. Setiap tarian atau pertunjukan di tiap daerah Indonesia memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Keberagaman kebudayaan di Indonesia merupakan salah satu potensi wilayah masing-masing daerah yang bisa dikembangkan untuk mendukung potensi pariwisata di daerah masing-masing.

Aktivitas Individu

Carilah informasi dari berbagai sumber (buku, internet dan lainnya) mengenai tarian daerah di Indonesia. Setelah mendapatkan informasi, kemudian tuliskan hasilnya pada buku tugas kalian masing-masing!

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button