Ekonomi

Ringkasan Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup

Ringkasan Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. 

Fakto-faktor Produksi

Faktor-faktor produksi adalah sumber-sumber daya yang dipergunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Faktor-faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian dibedakan dalam empat golongan, yaitu: tanah dan sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan keahlian. 

Fungsi produksi adalah suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkan hubungan antara faktor-faktor produksi (input) dan tingkat produksi yang dihasilkan (Output). Biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk dapat menghasilkan output. 

Ringkasan Kegiatan ekonomi, Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Secara teoritik, kita mengenal lima sistem ekonomi yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan situasi kondisi dan ideologi negara yang bersangkutan.

Kelima sistem ekonomi tersebut adalah sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi kapitalis pasar negara maju, sistem ekonomi sosialis pasar, sistem ekonomi terpusat, dan sistem ekonomi campuran. Pelaku yang menjalankan kegiatan ekonomi ini ada empat kelompok, yaitu: rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan luar negeri.

Tenaga kerja salah satu faktor produksi yang harus dikembangkan sesuai kemajuan jaman (ilustrasi foto/Gadgetren)

Setiap pelaku ekonomi selalu berusaha dan berpegang pada prinsip ekonomi, yaitu selalu berusaha untuk mendapatkan satu unit barang dengan cara mengeluarkan modal serta usaha yang sekecil mungkin. 

Baca juga Cara penggunaan kapital untuk pembangunan ada berbagai macam cara

Pelaku ekonomi dalam melakukan kegiatan ekonomi didasarkan pada motif: untuk mencukupi kebutuhan, mendapatkan keuntungan, mendapatkan penghargaan, mendapatkan kekuasaan dan dorongan untuk berbuat sosial. 

Permintaan boleh didefinisikan sebagai keinginan dan kesanggupan seseorang pengguna untuk mendapat sesuatu barang pada suatu tingkat harga dalam suatu jangka masa tertentu. Hukum permintaan menjelaskan sifat hubungan antara permintaan suatu barang dengan harganya.

Bunyi hukum permintaan yaitu: “Makin rendah harga suatu barang, maka makin banyak permintaan atas barang tersebut; sebaliknya makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit permintaan atas barang tersebut”.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button