PJJ IPS KELAS 7

Rangkuman Proses Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha

Rangkuman Proses Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha, Pada awal abad pertama masehi, Kepulauan Indonesia telah dikunjungi oleh bangsa-bangsa asing yang melakukan hubungan dagang dan pelayaran terutama Bangsa Cina dengan India.

Yang melewati perairan Indonesia, sebagai konsekwensinya Bangsa Indonesia pun akhirnya terlibat dalam perdagangan tersebut. Dampak lain dari hubungan dagang tersebut masuknya kebudayaan asing ke Indonesia.

Hubungan dagang dengan India dan Cina menyebabkan pengaruh Hindu-Buddha yang berasal dari India berkembang di Indonesia.

(ilustrasi foto/markijar.com)

Rangkuman Proses Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha, beberapa teori yang menyatakan masuknya kebudyaan Hindu-Buddha ke Indonesia; Teori Brahmana, teori ksatria, teori Waisya, dan Teori Arus Balik, Masing-masing teori memiliki kelebihan dan kekurangan.

Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Perubahan-perubahan itu antara lain tampak dalam bidang-bidang pemerintaha, sosial, ekonomi, agama , dan kebudayaan.

Baca juga Rangkuman Proses Masuknya Hindu-Buddha di Indonesia

Refleksi

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran tersebut, tuliskan hal-hal sebagai beriku

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelah melaksanakan proses belajar?
  2. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi tersebut?
  3. Adakah kendala saat merumuskan pengaruh Hindu-Buddha yang masih digunakan masa kini ?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button