Perlawanan Terhadap Hindia Belanda

Perlawanan terhadap Hindia Belanda, Coba kamu perhatikan gambar di atas Masjid Raya Baiturrahman di Aceh! Bagi masyarakat Aceh masjid tersebut merupakan masjid bersejarah yang terkait erat dengan spirit perjuangan masyarakat Aceh. Selain sebagai tempat ibadah kebanggaan masyarakat, masjid tersebut menjadi simbol perjuangan rakyat Aceh dalam menentang imperialisme Barat. Masjid tersebut menjadi salah satu benteng perjuangan rakyat melawan Belanda. Karena kegigihan rakyat Aceh tersebut, Belanda benar-benar kesulitan memadamkan perlawanan rakyat.

Perlawanan terhadap Hindia Belanda terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Abad XIX merupakan puncak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam menentang Pemerintah Hindia Belanda. Kegigihan perlawanan rakyat Indonesia menyebabkan Belanda mengalami krisis keuangan untuk biaya perang. Perlawanan di berbagai daerah tersebut belum berhasil membuahkan kemerdekaan. Semua perlawanan dapat dipadamkan dan kerajaan-kerajaan di Indonesia semakin mengalami keruntuhan.

Kamu dapat menelusuri jejak-jejak perlawanan tersebut dari berbagai peninggalan yang masih ada hingga sekarang. Bahkan di berbagai daerah didirikan berbagai museum untuk menjadi media pembelajaran masyarakat sekarang. Dengan mengunjungi berbagai museum dan berbagai tempat peninggalan perlawanan rakyat Indonesia melawan Belanda, akan menggugah semangat kebangsaan. Kamu dapat menemukan berbagai peninggalan atau museum perjuangan pada masa lalu di setiap daerah di Indonesia.

Apabila kamu tinggal di Maluku, kamu dapat mencari jejak peninggalan perjuangan Pattimura, apabila kamu tinggal di Sulawesi kamu dapat mengunjungi Benteng Rotterdam. Demikian juga dengan daerah-daerah lain, pasti kamu dapat menemukan berbagai peninggalan pada masa perjuangan melawan kolonialisme Belanda. Peninggalan di Yogyakarta adalah Goa Selarong, di Sumatra Barat terdapat Benteng Fort de Kock, di Kalimantan kamu menemukan peninggalan pada masa perang Banjar.

Untuk memahami beberapa peninggalan sejarah pada masa perlawanan terhadap penjajah, kamu kerjakan aktivitas kelompok berikut ini.

Aktivitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!
  2. Lakukan kunjungan terhadap peninggalan sejarah di lingkungan tempat tinggalmu yang berhubungan dengan perlawanan rakyat terhadap Pemerintah Hindia Belanda.
  3. Apabila kamu tidak memungkinkan berkunjung ke lokasi tersebut, lakukan pencarian peninggalan tersebut pada buku sejarah daerah atau buku pariwisata di provinsimu.
  4. Identifikasilah beberapa peninggalan pada masa pemerintah Hindia Belanda di sekitar tempat tinggalmu (provinsi).
  5. Carilah informasi bagaimana hubungan peninggalan tersebut dengan perlawanan rakyat terhadap Pemerintah Hindia Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.