Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Pendidikan adalah Tameng Masa Depan Cerah Gemilang

Advertisement

Pendidikan adalah suatu hal yang wajib dikejar oleh setiap orang tanpa mengenal usia. Dengan pendidikan, kita bisa menentukan masa depan dan tujuan hidup. Sebab pendidikan menjadi tolok ukur kualitas seseorang. Kendati demikian memang banyak yang tidak sepemikiran, namun pendidikan tetap harus di tuntut. seperti pepatah mengatakan, tuntut ilmu sampai ke negeri China. Sebab ilmu sangat penting digunakan di kehidupan sehari-hari.

Pendidikan adalah Kunci

Menurut Wikipedia, pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran. Menurut KBBI, pendidikan yaitu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Pendidikan dibagi menjadi 3 yaitu:

Advertisement

1. Pendidikan formal

Pendidikan yang berjenjang dan terstruktur yang terbagi menjadi pendidikan dasar, menengah serta tinggi. Pendidikan formal yaitu dari jenjang TK hingga Universitas.

2. Pendidikan nonformal

Artinya pendidikan ini tetap bisa diselenggarakan secara berjenjang dan terstruktur. Misalnya, majelis taklim, kursus, sanggar dan lain sebagainya.

3. Pendidikan informal

pendidikan yang dimulai dalam lingkup keluarga atau lingkungan kecil. Contohnya, pendidikan budi pekerti, etika, sopan santun, moral, dan sosial.

Kewajiban

Dalam kehidupan, pendidikan wajib di timba. Semua hal yang berkaitan mengenai pendidikan akan berhubungan satu sama lain dengan yang ada di kehidupan kita. Tentunya kita bekerja menggunakan latar belakang pendidikan. Memiliki anak pun kita harus berpendidikan, sebab jika tidak maka tidak mampu mendidik anak kita. terlebih sekarang sudah modern, semua serba teknologi. Seperti pepatah mengatakan, barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya.

Jenis Pendidikan

Seperti yang tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 9. jenis pendidikan dibagi menjadi 3, informal, formal dan informal.

Pendidikan informal bisa diartikan pendidikan dari lingkungan keluarga. Sedangkan pendidikan formal adalah pendidikan yang dilakukan di dalam sebuah institusi resmi atau bisa disebut sekolah. Lalu untuk pendidikan nonformal yaitu pendidikan tambahan di luar sekolah. 

Advertisement

1. Umum

Pendidikan dasar dan menengah yang dibutuhkan oleh siswa untuk melanjutkan ke tahap yang lebih tinggi.

2. Kejuruan

Pendidikan menengah yang menyiapkan siswanya untuk memiliki profesi di bidang tertentu.

3. Akademik

Pendidikan tinggi program sarjana atau pascasarjana yang ditujukan untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan tertentu.

Advertisement

4. Vokasi

Pendidikan tinggi yang setara dengan sarjana ini mampu mempersiapkan peserta didiknya memperoleh pekerjaan dengan keterampilan terapan tertentu.

5. Keagamaan

Pendidikan sejak dasar, menengah, maupun tinggi yang menyiapkan peserta didik mampu menguasai ilmu pengetahuan agama.

6. Khusus

Pendidikan khusus untuk kecerdasan luar biasa atau memiliki kelainan. Pendidikan ini diselenggarakan secara inklusif.

Advertisement

7. Profesi

Pendidikan tinggi sesudah program sarjana, dengan tujuan memperoleh profesi keahlian khusus.

Baca juga Usia Ideal Anak Memulai Pendidikan Karakter Paling Tepat

Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan adalah:

  • Mengembangkan keahlian seseorang untuk diri sendiri,keluarga bahkan masyarakat luas
  • Mempersiapkan masa depan
  • Menanamkan keterampilan
  • Menjadi sarana menanamkan nilai pendidikan
  • Mengembangkan bakat
  • Mempersiapkan untuk mencari nafkah.

Di Indonesia ada Bapak Pendidikan adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau pun memiliki semboyan, yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Semboyan tersebut memiliki arti guru itu di depan memberi panutan, di tengah membangun semangat dan di belakang memberi dorongan.

Jadi pendidikan adalah tameng penentu kita menuju masa depan yang cerah. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang memiliki pendidikan.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button