Pemanfaatan Sumber Belajar di sekitar kita

Pemanfaatan Sumber Belajar di sekitar kita, Sumber belajar dapat diperoleh dimana-mana termasuk disekitar anak. Sumber belajar yang ada disekitar anak tidak selalu perlu diintervensi guru dalam memberi keterangan sumber belajar tersebut.

Kecuali bila sumber belajar terletak diperpustakaan diperlukan bimbingan terlebih dahulu dari guru karena hal itu membutuhkan proses pembiasaan.

Selain sumber belajar yang ada dilingkungan sekitar anak, media cetak dan narasumber pun dapat dijadikan alternatif sumber belajar. Khusus mengenai narasumber, mereka dapat menceritakan berbagai pengalaman yang menarik sehingga dapat memperkaya wawasan anak.

Dalam memberikan materi sumber belajar adalah semua bahan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tersebut. dilihat dari perkembangan anak untuk belajar maka dibutuhkan sumber belajar yang dapat mendukung faktor kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Dua cara memanfaatkan sumber belajar

Menurut Mulyasa (2003 : 50) pada umumnya terdapat dua cara memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran.

  1. Membawa sumber belajar kedalam kelas. Dari aneka ragam macam dan bentuknya sumber belajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran didalam kelas.
  2. Membawa kelas kelapangan dimana sumber belajar berada. Adakalanya terdapat sumber belajar yang sangat penting dan menunjang tujuan belajar tetapi tidak dapat dibawa kedaam kelas, karena mengandung resiko yang cukup tinggi, atau memiliki karakteristik yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas.

Syarat Pemanfaatan sumber belajar

Menurut Nana Sudjana (2003 : 87) ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui oleh pendidik / guru dalam memanfaatkan berbagai sumber belajar antara lain :

  1. Tujuan intruksional hendaknya dijadikan pedoman dalam memilih sumber belajar yang sahih
  2. Pokok-pokok bahasan yang menjelaskan analisa isi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Hal ini perlu dilakukan sebagai dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber-sumber belajar dapat memperjelas dan memperkaya isi bahan.
  3. Pemilihan strategi, metode pengajaran yang sesuai dengan sumber belajar strategi yang sangat erat kaitannya dengan sumber belajar, bahkan sesungguhnya strategi itu termasuk kedalam salah satu jenis sumber belajar.
  4. Sumber-sumber belajar yang dirancang berupa media intruksional dan bahan tertulis yang tidak dirancang.
  5. Pengaturan waktu sesuai dengan lua pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa. Waktu yang diperlukan untuk menguasai materi tersebut akan mempengaruhi sumber belajar yang dipergunakan.
  6. Evaluasi, yakni bentuk evaluasi yang digunakan.

Persyaratan-persyaratan dalam pemanfaatan sumber belajar harus dipahami oleh guru agar dapat memanfaatkannya secara maksimal serta dapat membantu pemahaman siswa. Hal lain yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memanfaatkan sumber belajar adalah faktor keamanan dan keselamatan siswa pada saat menggunakan atau pada saat berada pada sumber belajar yang dipelajari.

Baca juga Media Pendidikan sederhana sifatnya relative

Sumber belajar sebagai salah satu komponen kurikulum tentu saja tidak dapat diabaikan begitu saja. Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian pemanfaatan sumber belajar merupakan hal yang harus dilakukan oleh guru.

Gambar 46a. Kebersamaan dan kebahagiaan Bersama keluarga mengimplementasikan media belajar (ilustrasi foto/WeLiveSecurity)

Rangkuman

Sumber belajar merupaka bahan yang mencakup media belajar, alat peraga, alat permainan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada anak maupun orang dewasa yang berperan mendampingi anak dalam belajar.

Sumber balajar berfungsi bagi guru untuk menyampaikan pembelajaran dengan berbagai metode sedangkan untuk peserta didik dapat menambah motivasi dalam mengikuti materi yang disajikan.

DAFTAR  PUSTAKA
  • Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Grasindo.
  • Bean, Reynold. 1995. Cara Mengembangkan Kreativitas Anak (terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta : Binarupa Aksara
  • Sadiman, A.S. 1986. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.