ArtikelPedagogi

Pemanfaatan Limbah Penunjang Pembelajaran AUD

Pemanfaatan Limbah Penunjang Pembelajaran AUD, Berikut ini beberapa pemanfaatan limbah yang dapat digunakan untuk kegiatan penunjag pembelajaran anak usia dini khususnya pembelajaran sains adalah :

a. Bola kertas

Kertas bekas atau kertas koran dapat diremas-remas menjadi bola berbagai ukuran. Dari bola-bola kertas itu anak dapat mencoba melemparnya. Anak dapat merasakan bola kertas yang lebih berat dan lebih ringan. Anak juga akan mengamati apakah bola kertas besar lemparannya lebih jauh dibandingkan dengan bola kertas kecil atau sebaliknya.

b. Magic Box

Kain perca dengan tekstur dan warna yang beragam disambung-sambung sehingga berbentuk seperti tali. Tali tersebut dimasukkan ke dalam bekas dos tissue atau dos sepatu yang diberi lubang pada salah satu sisi dos itu. Anak usia 5- 2 th akan senang menarik tali tersebut perlahan-lahan ke luar dari box.

c. Piringan berputar

Piringan berupa plastik agak tebal dibentuk melingkar dapat diberi gantungan benda-benda dengan tali di tepi-tepi sekeliling piring. Anak usia 8- 12 bulan menyenangi mainan semacam ini karena merangsang daya visual anak dalam mengamati benda- benda yang bergerak.

d. Ular Kaleng

Kaleng-kaleng bekas dengan ukuran sama diisi dengan biji-bijian dimasukkan ke dalam bekas stocking yang panjang. Kaleng dimasukkan dalam stocking secara berselang-seling dengan potongan kertas (kawul). Jadi susunannya berupa kaleng – kawul – kaleng – kawul dst. Anak senang menekan-nekan permukaan kaleng yang keras kemudian kawul yang lunak dan membunyikan kaleng- kaleng itu.

Baca juga Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar

Pemanfaatan Limbah Penunjang Pembelajaran, melalui pemanfaatan bahan limbah prinsip pembelajaran sains untuk anak dapat dilaksanakan dengan optimal karena sains merupakan ilmu pengetahuan yang mengajak anak mengeksplorasi alam dengan bahan-bahan alami yang berasal dari alam.

Gambar 58a. Permainan membantu anak usia dini tumbuh dan berkembang (ilustrasi foto/Mooimom)
DAFTAR PUSTAKA
  • Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Grasindo
  • Bean, Reynold. 1995. Cara Mengembangkan Kreativitas Anak (terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta : Binarupa Aksara
  • Sadiman, A.S. 1986. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button