PJJ IPS KELAS 9

Mengklasifikasikan dampak positif dan negatif perdagangan internasional

Mengklasifikasikan dampak positif dan negatif perdagangan internasional, Indonesia melakukan kegiatan perdagangan luar negeri dengan jenis barang dan komoditi yang berbeda dengan tujuan negara perdagangan yang berbeda pula, kawasan perdagangan Indonesia mencakup 5 (lima) benua yang terdiri dari :

Kawasan negara ASEAN yang selama 5 (lima) tahun belakangan melakukan kerja sama bilateral ke 9 (sembilan) negara tujuan yaitu negara Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam, Laos dan Vietnam, kwasan negara asia lainnya dalam melakukan perdagangan internasional antara lainnya adalah Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok dan lainnya, selain kawasan negara ASIA.

Indonesia juga melakukan perdagangan ke benua Afrika, Australia yang terdiri dari Australia, Selandia Baru dan Ocenia Lainnya, perdagangan ke NAFTA yang terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Meksiko dan Amerika lainnya.

Serta perdagangan internasional Indonesia ke kawasan Uni Eropa yang terdiri dari 13 (tiga belas) negara tujuan perdagangan antara lainnya adalah negara Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Belgia, Denmark, Swedia, Finlandia, Italia, Spanyol, Yunani, Polandia, Uni Eropa dan Eropa lainnya.

Mengklasifikasikan dampak positif dan negatif perdagangan internasional, Kegiatan perdagangan dengan negara manapun tentu saja membawa dampak baik positif maupun negatif. Dampak positif pada dasarnya menguntungkan negara, namun dampak negatif merupakan dampak yang kurang menyenangkan bagi negara.

(ilustrasi foto/Kementrian Kesehatan)

Rangkuman

  1. Kebijakan proteksi adalah kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri yang sedang tumbuh (infant industry), dan melindungi perusahaan baru dari perusahaan-perusahaan besar yang dari persaingan yang tidak adil, juga melindungi dari -persaingan barang-barang impor. Kebijakan proteksi terdiri dari kebijakan tarif, kuota, pelarangan impor, subsidi dan dumping.
  2. Dalam kegiatan perdagangan internasional (antarnegara) sering kali suatu negara mengalami hambatan. Hambatan perdagangan internasional adalah regulasi atau peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan tersebut.
  3. Kegiatan perdagangan internasional memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan suatu bangsa. Indonesia sebagai negara yang melakukan perdagangan internasional memperoleh dampak-dampak tersebut.

Baca juga Kegagalan Mengusir Imperialisme dan Kolonialisme di Berbagai Daerah

Refleksi

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bagaimana perasaan Ananda mempelajari modul pada pembelajaran 3 ini? Apakah senang atau kurang senang? Berilah alasannya!
  2. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelah melaksanakan proses belajar?
  3. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi di atas?
  4. Hal-hal apa yang menurut Ananda sulit dikuasai dalam mempelajari materi ini?
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker