Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Mengenalkan Pendidikan Agama Sejak Dini, Ini Manfaatnya!

Advertisement

Mengenalkan Pendidikan Agama Sejak Dini, Ini Manfaatnya! Penting bagi orang tua untuk mengenalkan pendidikan agama sejak dini. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan pengetahuan, menambah wawasan, serta mengasah keterampilan seseorang. Perlu diketahui bahwa pendidikan yang dapat diperoleh, baik secara formal maupun pendidikan non formal.

Pendidikan umum memang sangat penting untuk dipelajari, namun sifatnya hanya sementara atau duniawi saja. Selain dengan mempelajari pendidikan umum, anak juga perlu mempelajari tentang pendidikan agama. Pendidikan agama sebagai wadah dalam pembentukan dasar karakter manusia yang bermoral dan berkualitas. Mempelajari ilmu dunia tidak akan seimbang apabila tidak diimbangi dengan ilmu agama.

Ketahui Manfaat Mengenalkan Pendidikan Agama Sejak Dini

Untuk mulai menanamkan pendidikan agama perlu dilakukan sejak dini. Hal ini menjadi sesuatu yang wajib dilakukan orang tua apabila ingin anaknya memiliki agama dengan baik dan benar. Sama halnya dengan ilmu pelajaran lainnya di sekolah. Ilmu agama juga selalu mengedepankan kebaikan dan memberi manfaat yang luar biasa untuk kecerdasan anak.

Advertisement

Melalui agama, anak dapat mengenal berbagai kebaikan dari yang paling dasar, bahkan hingga yang paling tinggi tingkatannya. Melalui ilmu agama, anak-anak juga akan menjaga dirinya serta menjauhkan dari hal-hal yang dilarang. Sebelum anak memasuki usia sekolah, sebaiknya orang tua memperkenalkan pendidikan agama yang sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Anda perlu mengajarkan anak dengan cara yang baik, ramah, dan tidak banyak menuntut. Selama mengajarkan pendidikan agama, pastikan bahwa orang tua juga memahami hal yang diajarkan. Orang tua tidak perlu khawatir apabila kurang memahami tentang ilmu agama.

Saat ini dapat mengirimkan anak ke sekolah agama atau mengundang seseorang yang memiliki ilmu agama cukup untuk mengajar anak. Berikut ini adalah manfaat mengenalkan pendidikan agama sejak dini.

Mengenalkan Anak pada Tuhan

Melalui pendidikan agama, maka anak akan lebih mengenal Tuhan. Anda perlu meyakinkan pada anak bahwa Tuhan ada dengan memberitahukan kebesaran-kebesaran-Nya. Misalnya dengan menceritakan kisah-kisah inspiratif dari masing-masing agama. Anda dapat menjelaskan pada anak bahwa apa yang ada di bumi, yang ada di sekitar dan semua hal merupakan ciptaan Tuhan.

Anda juga dapat mengenalkan anak dengan hembusan angin, air di sungai, burung-burung, adanya gunung-gunung, langit, bintang, manusia, bunga, dan lainnya. Beberapa hal tersebut sebagai wujud dari kebesaran Tuhan. Dengan mengenalkan anak pada Tuhan juga menjadi langkah awal tentang segala kebaikan. Selain itu, dapat mengenalkan mengenai bersikap, sopan santun, dan berperilaku sehari-hari.

Baca juga Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Bisa Anda Ikuti dengan Mudah!

Advertisement

Membentuk Karakter Anak

Apabila anak memiliki pengetahuan ilmu agama yang cukup, hal ini juga akan membentuk karakter anak di masa depan. Seorang anak perlu untuk dibekali ilmu agama yang cukup saat usianya masih dini. Saat dewasa nanti ini akan membuatnya dapat memahami dirinya sendiri. Hal ini juga membuatnya tak mudah terpengaruh dengan hal negatif yang ada di sekitarnya.

Baca juga Membantu secara optimal Peserta didik Sepanjang kegiatan projek profil berlangsung

Pondasi Keimanan yang Kuat

Pendidikan agama bukan hanya mengenai akademik, namun termasuk akidah, ibadah, dan akhlak. Keempat unsur tersebut menjadi pondasi yang penting bagi anak. Tujuannya agar anak dapat menjalani hidup sesuai dengan perintah agama.

Advertisement

Setiap orang tua tentu ingin memiliki buah hati yang baik budi pekertinya saat usia dini ataupun saat dewasa nanti. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenalkan pendidikan agama sejak dini yang cukup. seimbang dengan mempelajari ilmu dunia dan juga ilmu agama.

Gambar. Mengenalkan Pendidikan Agama Sejak Dini, Ini Manfaatnya! (foto/istimewa)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button