Advertisement
Advertisement
BeritaPerkantoran

Standar Penampilan Pribadi Pelayanan Prima

Advertisement

Standar penampilan pribadi pelayanan prima. Bidang kerja Manajemen Perkantoran dan layanan bisnis sangat dekat dengan pelayanan langsung kepada pelanggan atau kolega organisasi, bahkan langsung menanganinya atau bertemu.

Untuk itu dasar utama yang merupakan pelaksanaan teknik pelayanan di bidang ini adalah pegawai atau petugas harus menerapkan standar penampilan pribadi terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaannya memberi pelayanan.

Standar penampilan pribadi seperti apa yang harus diterapkan dalam organisasi? Tentunya dalam pembelajaran terdahulu, kamu masih ingat Standar Operasional Prosedur (SOP) ya, maka berpenampilan juga harus mengikuti SOP nya.

Advertisement

Dalam kegiatan layanan bisnis, penampilan pribadi berkaitan dengan citra atau image sebuah perusahaan. Untuk itu penting bagi petugas atau pegawai untuk selalu menerapkan standar penampilan pribadi ini. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi adalah.

1. Kesehatan Kerja

Kesehatan setiap pegawai merupakan faktor penting yang menunjang pekerjaan itu terlaksana. Untuk itu kesehatan pegawai harus terjamin dan terjaga. Terjamin berarti pihak perusahaan atau pemberi kerja memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan karyawannya seperti memiliki lingkungan yang mendukung kesehatan dan fasilitas kesehatan.

Sedangkan pengertian kesehatan pegawai harus terjaga dapat diartikan bahwa setiap pegawai harus berusaha untuk selalu dalam keadaan sehat. Agar supaya mampu menampilkan standar penampilan pribadi.

Baca juga Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran

2. Penampilan Prima

Penampilan prima merupakan penampilan diri seseorang yang terbaik dan menarik. Dalam hal ini seseorang harus berupaya memiliki standar penampilan prima. Standar penampilan prima seseorang dapat dilihat dari:

  1. kesehatan tubuh;
  2. perawatan anggota tubuh;
  3. berbusana serasi dan tepat; dan
  4. bermake-up dan menggunakan aksesori yang wajar.

Untuk penampilan prima sering kita kenal dengan personality grooming. Di samping dapat kamu simak videonya mengenai personality grooming, baik untuk wanita dan laki-laki.

Advertisement
Standar Penampilan Pribadi Pelayanan Prima (foto/istimewa)

3. Kepribadian dan Etiket

Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti.

  1. Faktor biologis, atau hubungan sedarah yang membentuk fisik kita tidak jauh berbeda dengan orang tua kita.
  2. Faktor kultur dan peradaban, merupakan sejarah hidup manusia dalam kehidupannya di masyarakat.
  3. Pendidikan, faktor ini memberi kemampuan pada penyelesaian masalah.
  4. Keluarga, merupakan lingkungan belajar pertama yang dialami seseorang, sehingga faktor keluarga menjadi faktor yang dominan dalam membentuk kepribadian seseorang.
  5. Faktor sosial dan lingkungan, merupakan faktor yang berhubungan dengan status sosial, lingkungan pergaulan di tempat tinggal, budaya, dan adat istiadat juga mempengaruhi kepribadian seseorang.

Etiket atau etika dalam hal ini berbeda dengan pengertian etika kerja yang terdahulu. Etiket dalam hal standar pribadi ini diartikan sebagai tata krama atau sopan santun yang berlaku dalam pergaulan dan bermasyarakat.

Sedangkan etika dalam hal ini mengandung arti bagaimana seseorang dalam menerapkan etiketnya, jadi dalam hal ini mengarah pada penerapannya etiket itu sendiri.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button