PJJ IPS KELAS 8

Menganalisis latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia

Menganalisis latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, Wilayah Indonesia sangat luas dengan pulau-pulaunya yang subur. Kekayaan alam yang melimpah serta kekayaanya akan berbagai budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa-bangsa lain di dunia.

Bukan hanya bangsa di Asia, tetapi juga bangsa Barat atau Eropa. Mereka, bangsa lain selalu ingin datang ke Indonesia, baik untuk berdagang maupun untuk berinteraksi dalam hal kebudayaan.

Hubungan dengan bangsa-bangsa asing ini bukan hanya membawa dampak positif saja melainkan ada dampak negatifnya yang merugikan bangsa Indonesia.

Materi asiknya mempelajari kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia sangat penting untuk Ananda pelajari. Disamping Ananda menjadi bertambah pengetahuannya, juga akan meningkatkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia yang ternyata banyak mempunyai keunggulan dan kelebihan.

Diharapkan Ananda lebih mencintai negara Indonesia, kemudian berkreasi dalam mempromosikan berbagai kekayaan Indonesia kepada dunia di era sekarang.

Kedatangan Bangsa-bangsa Barat

Menganalisis latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, Apakah Ananda tahu mengapa bangsa-bangsa Barat sangat tertarik dengan Negara Indonesia? ya benar, karena negara Indonesia mempunyai begitu banyak daya tarik berupa kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh bangsa Eropa atau bangsa-bangsa Barat.

Salah satu daya tarik Indonesia berupa komoditas perdagangan rempah-rempah hasil bumi kekayaan alam Indonesia yang berlimpah. Sementara Eropa atau bangsa-bangsa Barat tidak mempunyai hasil bumi seperti yang dihasilkan bumi Indonesia akibat dari perbedaan iklim yang dimiliki.

Rempah-rempah tersebut sangat diincar dan dibutuhkan oleh bangsa Eropa untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan obat-obatan sehingga bangsa-bangsa Eropa berusaha memperolehnya dari Indonesia.

Motivasi Bangsa-Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Beberapa hal yang menjadikan motivasi bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah Gold, Gospel, dan Glory yang terkenal dengan sebutan 3G.

Motivasi ini muncul pada saat berkembangnya imperalisme kuno sebelum Revolusi Industri. Negara pelopornya adalah Spanyol dan Portugal.

Menganalisis Revolusi Industri

Revolusi Industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin.

Revolusi Industri ini terjadi sekitar tahun 1750-1850 dan menjadi salah satu pendorong imperalisme modern. Salah satu pengaruh Revolusi Industri yang sangat terasa adalah dalam kegiatan transportasi dengan ditemukannya mesin uap. Hal tersebut memicu bangsa-bangsa Barat untuk melakukan petualangan.

Baca juga Dua Sikap Manusia Dalam Menghadapi Arus Globalisasi

(ilustrasi foto/istimewa)
https://youtu.be/a3dTD_Cf3Mk
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button