Advertisement
Advertisement
Advertisement
Pedagogik

Memilih Materi yang Sesuai dan Menggunakan Bahasa yang Tepat

Advertisement

Memilih Materi yang Sesuai dan Menggunakan Bahasa yang Tepat, Untuk menentukan materi yang baik dan sesuai dengan tujuan komunikasi, kita dapat memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Materi pesan harus sesuai dengan latar belakang pengetahuan siswa. Materi yang paling baik adalah materi yang memberikan kemungkinan guru lebih mengetahui daripada siswa.
  2. Materi pesan harus menarik minat guru. Materi yang enak dibicarakan tentu saja materi yang harus diminati. Komunikasi akan efektif bila pesan yang disampaikan menyentuh emosi.
  3. Materi pesan harus menarik minat siswa. Guru harus berbicara tentang sesuatu yang diminati dan dianggap menarik oleh siswa. Hal-hal yang menarik akan berbeda dan berubah-ubah pada diri siswa. Oleh karena itu, guru harus mampu membangkitkan perhatian siswa yang berlatar belakang dan motif berbeda ketika mendengarkan uraian yang disampaikan.
  4. Materi pesan harus sesuai dengan pengetahuan siswa. Tingkat penerimaan siswa SD akan berbeda dengan tingkat penerimaan siswa SMP dan SMA. Oleh karena itu, muatan kurikulum sudah dibuat dengan memerhatikan aspek tersebut dan guru harus memilih topik-topik yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Menggunakan Bahasa yang Tepat

Memilih Materi yang Sesuai dan Menggunakan Bahasa yang Tepat, Menurut Oxford Advanced Learner’s Dictionary, bahasa adalah sistem bunyi dan kata yang digunakan oleh manusia untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya (the system of sounds and words used to express their thoughts and feelings).Bahasa merupakan alat yang dimiliki bersama oleh suatu sistem sosial untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan.

Oleh karena itu, bahasa hanya dapat dimengeri apabila ada kesepakatan bersama diantara anggota-anggota sistem sosial tersebut. Dari segi bentuknya, bahasa dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) bahasa verbal, yaitu bahasa diungkapkan dalam bentuk kata-kata (kalimat) yang diucapkan atau ditulis; (2) bahasa nonverbal, yaitu bahasa diungkapkan dalam bentuk gerak-gerik tubuh, jarak, atau gambar.

Advertisement

Komunikasi akan efektif apabila guru mampu memilih kata-kata yang tepat dalam berbicara. Ada tiga cara untuk memilih kata-kata yang tepat, yaitu kata-kata harus jelas, tepat, dan menarik.

Baca juga Faktor Penghambat Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

Untuk mendapatkan kata-kata yang jelas, tepat, dan menarik perhatikan hal-hal berikut ini: (1) gunakanlah kata-kata yang sederhana dan santun, (2) gunakanlah istilah yang spesifik, (3) hindari istilah-istilah yang bias, (4) berhemat dalam menggunakan kata-kata yang tidak penting diucapkan, (5) gunakan perulangan atau pernyataan kembali gagasan yang sama dengan kata yang berbeda, (6) hindari kata-kata yang bermakna ganda yang berbeda konteks, (7) gunakan bahasa sehari-hari untuk menganalogikan istilah-istilah dalam teori (istilah-istilah science), (8) hindari kata-kata yang tidak sopan, (9) pilihlah kata-kata yang menyentuh komunikan, (10) gunakan tata bahasa yang benar, kosa kata yang dapat dipahami dan tepat pada perkembangan anak, (11) lakukan penekanan pada kata-kata kunci atau dengan mengulang penjelasan, (12) berbicara dengan tempo yang tepat, tidak menyampaikan hal-hal yang kabur, (13) gunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar berbicara secara jelas di kelas.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button