Travel & Kuliner

Keunikan Surabaya: Khas yang Tak Terlupakan

ADVERTISEMENT

Keunikan Surabaya: Khas yang Tak Terlupakan. Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki keunikan yang tak tertandingi yang membuatnya menjadi salah satu destinasi terbaik di negara ini. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap beberapa aspek khas Surabaya yang membuat kota ini begitu istimewa.

1. Julukan “Kota Pahlawan”

Salah satu ciri khas Surabaya yang paling terkenal adalah julukannya sebagai “Kota Pahlawan.” Julukan ini diberikan sebagai penghargaan atas peran Surabaya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran Surabaya pada tahun 1945 melibatkan perlawanan gigih dari warga Surabaya terhadap tentara kolonial Belanda yang mencoba merebut kembali kendali atas kota ini. Kemenangan moral dalam pertempuran ini mengukuhkan Surabaya sebagai simbol perjuangan dan keberanian.

2. Tugu Pahlawan

Sebagai simbol penting dari identitas “Kota Pahlawan,” Tugu Pahlawan adalah monumen yang mengesankan yang didedikasikan untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut. Monumen ini terletak di tengah kota dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh warga dan wisatawan untuk menghormati dan mengenang pahlawan-pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

3. Kuliner Khas yang Menggoda

Kuliner Surabaya adalah cerminan kekayaan khas Indonesia. Hidangan-hidangan seperti Rujak Cingur (rujak dengan potongan mulut sapi), Soto Ayam (sup ayam), Rawon (sup daging sapi berkuah hitam), dan Lontong Balap (nasi ketan dengan tauge dan saus kacang) adalah hidangan-hidangan khas yang harus dicicipi. Kuliner Surabaya mencerminkan cita rasa yang kaya dan beragam yang dapat memanjakan lidah Anda.

4. Kearifan Lokal dan Tradisi

Surabaya juga dikenal karena menjaga nilai-nilai tradisional seperti gotong royong (kerja sama bersama) dan rasa solidaritas yang kuat. Tradisi potong rambut bayi (mitoni) dan upacara selamatan kelahiran (turun tanah) adalah contoh kearifan lokal yang masih dipegang teguh oleh masyarakat. Ini adalah contoh bagaimana Surabaya memadukan masa lalu dengan kehidupan modern.

5. Pusat Pendidikan dan Kebudayaan

Surabaya adalah rumah bagi beberapa pusat pendidikan dan kebudayaan terkemuka di Indonesia. Universitas Airlangga, salah satu universitas terkemuka di Indonesia, terletak di Surabaya. Selain itu, kota ini memiliki galeri seni, pusat perbelanjaan modern, dan tempat hiburan yang menawarkan pengalaman budaya yang beragam.

Baca juga: MUSEUM AMBARAWA: MERAYAKAN SEJARAH DAN KEHIDUPAN KERETA API DI SEMARANG

6. Pariwisata yang Memikat

Surabaya juga menawarkan sejumlah tempat wisata yang mengesankan. Gunung Bromo, salah satu gunung berapi paling terkenal di dunia, adalah daya tarik utama di wilayah ini. Pantai-pantai seperti Pantai Red Island, Pantai Papuma, dan Pantai Balekambang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Museum-museum seperti Museum Mpu Tantular dan House of Sampoerna adalah tempat yang tepat untuk memahami sejarah dan budaya kota ini.

Dengan julukannya sebagai “Kota Pahlawan,” kekayaan kuliner yang tak tertandingi, tradisi-tradisi yang masih hidup, dan daya tarik wisata yang mengesankan, Surabaya adalah kota yang memadukan masa lalu yang gemilang dengan kehidupan modern yang dinamis. Keunikan kota ini menjadikannya tujuan yang tak terlupakan bagi mereka yang ingin merasakan pesona Indonesia yang sejati.

Keunikan Surabaya: Khas yang Tak Terlupakan (ft/istimewa)
Gambar. Keunikan Surabaya: Khas yang Tak Terlupakan (ft/istimewa)

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button