PJJ IPS KELAS 7

Kebutuhan Manusia sebagai mahluk Ekonomi (homo economicus)

Kebutuhan Manusia sebagai mahluk ekonomi (homo economicus), Menurut John Stuart Mill, manusia dianggap sebagai makhluk ekonomi (homo. Manusia hidup dan berkembang karena ingin memenuhi mencapai kesejahteraan.

Manusia terus berupaya memenuhi segala macam kebutuhan hidup sebisa mungkin, yaitu kebutuhan fisik, rasa nyaman dan kemewahan dengan cara yang rasional yaitu dengan seminimal mungkin mengeluarkan tenaga dan mendapatkan rasa ketidaknyamanan.

Meskipun manusia adalah makhluk ekonomi, manusia juga merupakan makhluk sosial. Manusia tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhannya tanpa bekerja sama dengan orang lain. Terus menerus mencari materi atau kekayaan untuk memenuhi kehidupan akan membuat manusia merasa terasing.

Kehidupan masyarakat manusia mirip seperti jaring-jaring kehidupan yang saling berkait. Sebagai contoh, Seorang guru memperoleh beras dari membeli melalui pedagang, pedagang mendapatkan beras sebagai barang dagangan dari petani, dan petani mendapatkan pendidikan anaknya dengan membayarkan uang SPP kepada guru.

Interaksi, kerjasama dan hubungan antar manusia di dunia penting agar semua dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan berbahagia.

Selain interaksi antar sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan, diketahui juga bahwa ketersediaan sumber daya alam untuk memproduksi barang dan jasa jumlahnya berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat yang lain.

Terdapat fenomena dimana sumberdaya mineral emas melimpah di suatu daerah pertambangan tetapi langka di wilayah pertanian, begitu pula sebaliknya.

Baca juga Manusia sebagai mahluk sosial

Perbedaan kondisi sumber daya alam antara daerah yang satu dengan daerah lain memunculkan interaksi antar wilayah untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Tugas Materi Kebutuhan Manusia

Setelah Ananda memahami tentang manusia dan kebutuhan ekonominya, lakukanlah aktivitas pengisian tabel berikut untuk menunjukkan penguasaaan pengetahuan Ananda terkait materi.

Tuliskan 5 contoh kebutuhan sehari-hari Ananda beserta usaha/cara manusia untuk mendapatkannya! Tabel nomor 1 sudah diisi sebagai contoh dalam mengerjakan aktivitas berikut.

TABEL KEBUTUHAN SEHARI

NOKEBUTUHAN SEHARI-HARICARA MENDAPATKAN /MEMBELINYACARA BENDA ATAU JASA TERSEBUT SAMPAI DI RUMAH
1Nasi untuk makanDi masak dan disediakan oleh ibuIbu membeli beras di warung, pedagang mendapatkannya dari petani.
2————————————————–————————–
3————————————————–————————–
4————————————————–————————–
5————————————————–————————–

Setelah Ananda selesai mengisi tabel tersebut, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik. Ananda dapat menyerahkan tugas sesuai dengan arahan dari guru seperti :

  • Serahkan tugas tersebut di sekolah saat Ananda mengambil bahan ajar berikutnya.
  • Apabila memiliki fasilitas Hp/laptop dan kuota, Ananda dapat mengirimkan foto pekerjaan Ananda melalui aplikasi whatsapp/Instagram/google classroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button