Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 8Sosiologi

Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya

Advertisement

Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya. Pengertian Kebutuhan. Sekarang kalian sudah duduk di bangku SMP. Kalian tentu menemui banyak hal baru dan berbeda dibanding saat di SD dulu.

Di bangku SD kalian menggunakan seragam putih merah, tetapi sekarang seragam itu harus digantikan dengan seragam baru berwarna putih biru. Kalian juga butuh buku-buku pelajaran baru. Kalian butuh alat transportasi apabila sekolah kalian jauh dari rumah.

Kalian juga membutuhkan dukungan moril dari orang tua dan sahabat bila sedang sedih karena nilai ulangan kalian tidak begitu bagus. Wah, banyak betul kebutuhan kalian, ya! Masih adakah kebutuhan yang lainnya? Nah, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan kebutuhan?

Advertisement

Kebutuhan dapat diartikan sebagai keinginan manusia yang harus dipenuhi. Kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Artinya, begitu satu kebutuhan terpenuhi, akan muncul kebutuhan lain yang juga menuntut untuk dipenuhi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa kebutuhan manusia semakin banyak dan beragam. Hal-hal tersebut, antara lain sebagai berikut.

a. Bertambahnya Jumlah Penduduk 

Bertambahnya jumlah penduduk berarti pula menuntut lebih banyak kebutuhan akan sandang, pangan, papan, dan sarana-sarana lainnya.

b. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat banyak orang merasa memiliki kebutuhan akan alat-alat modern, seperti handphone, laptop, dan kamera digital.

c. Semakin Majunya Peradaban Hidup Masyarakat

Semakin majunya peradaban hidup masyarakat menyebabkan mereka membutuhkan kesehatan yang lebih baik, pendidikan yang lebih bermutu, dan hiburan yang lebih bermoral. 

d. Meningkatnya Penghasilan Masyarakat

Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya. Meningkatnya penghasilan masyarakat membuat mereka membutuhkan sepeda motor, mobil, televisi, perhiasan, rekreasi, dan kenyamanan-kenyamanan hidup lainnya. 

Advertisement

Secara umum, kebutuhan manusia memang banyak, beragam, dan terus bertambah. Namun, kebutuhan tiap-tiap manusia tidak selalu sama. Hal yang menjadi penyebabnya, antara lain sebagai berikut. 

1. Perbedaan Pendapatan

Pekerjaan satu orang dengan orang lain dapat saja berbeda. Dengan perbedaan tersebut, tentu pendapatannya pun akan berbeda. Semakin tinggi pendapatan seseorang maka kebutuhannya cenderung semakin banyak dan beragam. 

2. Perilaku Konsumsi

Perilaku konsumsi merupakan tindakan yang diambil seseorang dalam membuat keputusan mengenai kebutuhan apa saja yang akan dipenuhi dengan pendapatan yang dimilikinya. 

Advertisement

Baca juga Ilmu ekonomi membahas kebutuhan manusia dan cara-caranya

Kebutuhan satu orang dengan orang lain berbeda-beda, bergantung pada perilaku konsumsinya. Orang yang berperilaku boros cenderung memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan orang yang berperilaku hemat.

Kebutuhan satu orang dengan orang lain berbeda-beda (ilustrasi foto/Nomor Satu Utara)

3. Gaya Hidup

Bagaimana gaya hidup seseorang tergantung dari banyak hal, seperti tingkat pendidikan, usia, status sosial, dan lingkungan sekitarnya. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan status sosial seseorang dalam masyarakat, akan semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhinya.

Advertisement

Satu hal yang perlu dicatat, dalam upaya memenuhi kebutuhan, siapa pun harus selalu bertindak bijaksana. Hanya kebutuhankebutuhan yang paling utamalah yang sebaiknya dipenuhi agar terhindar dari sifat boros.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button