Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 8

Bentuk-Bentuk Kerjasama ASEAN dan Perkembangannya

Advertisement

Bentuk-Bentuk Kerjasama ASEAN dan Perkembangannya, Interaksi dan kerja sama antarnegara-negara ASEAN semakin berkembang seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan dan kegiatan setiap negara anggotanya. Kebutuhan sosial, politik, ekonomi dan bidang lainnya menuntut suatu negara untuk berperan aktif melakukan kerja sama antarnegara.

Selain itu globalisasi sudah sedemikian luas sehingga perlu adanya kerja sama antar negara-negara ASEAN untuk menjaga dan mewujudkan keamanan dan perdamaian negara-negara anggotanya sehingga dibangun kerja sama politik dan pertahanan.

Bentuk kerja sama yang ada diantara negara anggota ASEAN sangat beragam. Semua dibentuk untuk mengatasi masalah dan menampung serta mewujudkan keinginan negara anggotanya.

Advertisement

Bentuk-Bentuk Kerjasama ASEAN, materi ini sangat penting dan menarik sekali untuk dipelajari ananda untuk berlatih memiliki sikap nasionalisme dan daya juang yang tinggi dalam hidup bersama dengan negara lain.

Gambar cabang olahraga dalam SEA Games 2019 (ilustrasi foto/istimewa)

Gambar di atas merupakan dua cabang olah raga dari 56 cabang olah raga yang dipertandingkan dalam SEA Games 2019. SEA Games ini merupakan contoh dari bentuk interaksi dan kerja sama di bidang olah raga antarnegara-negara ASEAN.

Tempat penyelenggaraan SEA Games 2019 di kota Manila, Filipina. Waktu pelaksaannya mulai tanggal 30 November sampai 11 Desember 2019.

Seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan setiap negara anggotanya maka interaksi dan kerja sama antarnegara-negara ASEAN semakin berkembang. Bentuk kerja sama yang ada di antara negara-negara anggota ASEAN dilakukan dalam berbagai bidang.

Tabel Bentuk Kerjasama Antar negara-Negara Anggota ASEAN

Bidang Sosial dan BudayaSetiap negara anggota ASEAN diminta berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama guna mendukung kesejahteraan negaranya sendiri.
Bidang Politik dan KeamananKerja sama ini ditujukan untuk menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian antarnegara di ASEAN.
Bidang PendidikanBertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing intenational.
Bidang EkonomiBerbagai bentuk kerja sama diwujudkan untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkesinambungan antarnegara-negara anggota ASEAN
Tabel Bentuk Kerjasama Antar negara-negara ASEAN

Rangkuman

Kerja sama antarnegara anggota ASEAN sangat diperlukan untuk menciptakan perdamaian dan ketenangan diantara negara-negara anggotanya. Selain itu dengan adanya kerja sama tersebut, akan tercipta kerukunan dan kemajuan bersama. Hal-hal yang menjadi keinginan dan kebutuhan negara anggota akan mudah terwujud melalui kerja sama yang terjalin.

Advertisement

Demikain juga jika terjadi permasalahan akibat dari keinginan masing-masing negara, maka kerja sama yang berlangsung akan segera dapat diatasi. Kerja saama juga dapat meminimalisasikan masalah yang timbul dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang.

Baca juga Perubahan Akibat Interaksi Antarruang di Permukaan Bumi

Oleh karena itu kita harus mengetahui berbagai kerja sama yang ada diantara negara anggota ASEAN, juga kita perlu berlatih menjadi warga negara yang baik dalam mewujudkan kerja sama tersebut.

Advertisement

Refleksi

Setelah mempelajari materi mengenai bentuk-betuk kerja sama (Sosial, Politik, Budaya, Pendidikan, dan Perkembangannya), tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut pada buku catatan mu!

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang telah diperoleh dari pembelajaran tersebut?
  2. Sikap apakah yang harus dikembangkan untuk menciptakan interaksi sosial yang baik di masyarakat?
  3. Hal apakah yang menurut kalian sulit dipahami dalam mempelajari materi ini?
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button