Advertisement
Advertisement
GeografiIPS Kelas 8

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan

Advertisement

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan. Hakikat pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana pembangunan itu dilaksanakan tanpa merusak dan potensi lingkungan tetap terjaga serta dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Adapun ciri-ciri pembangunan berkelanjutan adalah sebagai berikut.

a. Menggunakan Sumber Daya Alam secara Bijaksana

Pembangunan berkelanjutan dicirikan oleh pengelolaan sumber daya alam secara bijaksana berdasarkan nilai-nilai budaya dan konsep lingkungan hidup.

Maksudnya tidak boleh mengolah sumber daya secara sembarangan dan mengeksploitasi secara besarbesaran hingga cepat habis. Pengolahan sumber daya alam harus memerhatikan potensi kekayaan alam yang dimiliki dan menjaga kelestariannya.

Advertisement

b. Manusia dan Lingkungan Hidup

Pembangunan berkelanjutan memberikan perhatian kepada manusia dan lingkungan hidup. Kedua hal ini saling berkaitan. Agar keduanya dapat berjalan seiring maka kedua aspek tersebut sama pentingnya.

Pertama, manusia memerlukan pembangunan untuk memenuhi kebutuhannya dan pembangunan mengolah lingkungan. Kedua, hanya lingkungan lestari yang melanggengkan pelaksanaan pembangunan.

Dengan demikian, upaya mengatasi kebutuhan manusia tidak boleh merusak lingkungan hidup sebab bila lingkungan hidup rusak maka generasi mendatang akan menerima dampaknya. Hal inilah yang seharusnya kita hindari.

c. Menggunakan Teknologi yang Tepat Guna

Pembangunan berkelanjutan dicirikan oleh penggunaan teknologi yang tepat. Dewasa ini, sangat banyak pilihan teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah lingkungan hidup. 

Penggunaan teknologi dipilih yang paling tepat dalam arti tidak merusak lingkungan atau mencemari lingkungan. Pemilihan teknologi ini berhubungan dengan budaya sehingga dalam pemilihan teknologi adakalanya menyebabkan pencemaran, seperti di Indorayon Porsea Sumatra Utara.

Teknologi tepat guna yang tepat tidak tidak merusak lingkungan hidup (ilustrasi foto/Karosatuklik)

Unsur budaya masyarakat kita sangat berperan dalam pemilihan teknologi yang digunakan dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam menggunakan teknologi agar sesuai dengan pelestarian lingkungan hidup.

Advertisement

d. Memenuhi Kebutuhan Sesuai Kebutuhan

Pembangunan berkelanjutan dicirikan oleh pemenuhan kebutuhan masyarakat yang sesuai. Pembangunan menghasilkan barang dan jasa untuk dikonsumsi masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga Kondisi Penduduk Indonesia dipengaruhi beberapa faktor

Produk dan jasa yang dihasilkan pembangunan merupakan kebutuhan masyarakat umum, bukan sekelompok orang. Hasil-hasil produk pembangunan harus dikendalikan sesuai dengan pertumbuhan penduduk.

Advertisement

Pengendalian ini dimaksudkan untuk mencegah eksploitasi lingkungan hidup secara besar-besaran yang dapat merusak lingkungan hidup. Pembangunan menghasilkan kebutuhan masyarakat, namun dalam produksi harus dikendalikan agar kelestarian lingkungan hidup dapat terjaga.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button