Advertisement
Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 7

Bentuk Muka Bumi

Advertisement

Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Jumlah pulau seluruhnya mencapai 13.466 buah. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 km2 , terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km2 dan lautan seluas 3.257.483 km2 . Ini berarti wilayah lautannya lebih luas dari wilayah daratannya.

Jika kamu perhatikan keadaan pulau-pulau di Indonesia, tampak adanya keragaman bentuk muka bumi. Bentuk muka bumi Indonesia dapat dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan. Sebaran dari bentuk muka bumi Indonesia tersebut dapat dilihat pada peta fisiografi Indonesia berikut ini.

Pada peta fisiografi tampak sebaran bentuk muka bumi Indonesia dari mulai dataran rendah sampai pegunungan. Untuk membaca peta tersebut perhatikanlah legenda atau keterangan peta. Simbol berwarna kuning menunjukkan dataran rendah, warna hijau menunjukkan daerah perbukitan, warna oranye menunjukkan dataran tinggi, dan warna coklat menunjukkan pegunungan.

Advertisement

Wawasan

Di dunia terdapat 193 negara berdaulat yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan 45 diantaranya merupakan negara kepulauan. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Berikutnya adalah Madagaskar, Papua Nugini, Jepang, Filipina, Selandia Baru dan seterusnya. Indonesia juga menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. Sumber: ilmupengetahuanumum. com, http://dkptendri01.wordpress

Perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan relatif kecil di Indonesia. Di negara dengan empat musim, perbedaan suhu bisa sangat ekstrim. Pada musim panas, rata-rata suhu dapat melebihi 400 C, sebaliknya pada musim dingin suhu dapat mencapai lebih dari -400 C.

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Aktivitas Kelompok

Peta fisiografis sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi bentuk-bentuk muka bumi suatu wilayah. Bersama teman-teman, perhatikan peta fisiografi Indonesia pada gambar 1.34 Setelah mencermati peta tersebut, deskripsikan kondisi fisiografis di daerah tempat tinggalmu. Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia dan deskripsikan keadaan muka buminya!

Catatan: Jika di sekolahmu memiliki fasilitas internet yang bisa diakses oleh siswa, silakan kamu gunakan fasilitas tersebut untuk memahami peta fisiografis Indonesia secara lebih jelas, khususnya wilayah tempat tinggalmu.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button