GeografiIPS Kelas 8

Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup

Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup, Kalian tentu tahu bahwa lingkungan merupakan potensi yang mutlak diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia selalu ingin mendapatkan lingkungan secara optimal.

Untuk mendapatkannya, manusia sangat bergantung pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi, manusia harus selalu menjaga keseimbangan alam (balance natural). Manusia harus selalu mempunyai tanggung jawab terhadap generasi penerus yang kelak akan memakai lingkungan alam.

Kerusakan Lingkungan karena Faktor Alam

Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor alam. Kerusakan ini dapat terjadi dalam bentuk secara total atau sebagian. Manusia atau siapa pun di dunia ini tidak ada yang mampu untuk mencegahnya. Kerusakan lingkungan karena alam disebabkan oleh letusan gunung, gempa bumi, kekeringan, angin topan, dan kebakaran hutan.

Kerusakan lingkungan karena letusan gunung berapi terjadi melalui bahan-bahan yang dikeluarkan oleh letusan gunung itu. Makhluk hidup yang tertimpa atau terkena bahan-bahan ini menjadi rusak atau mati.  

Gempa bumi merusak lingkungan melalui getaran yang ditimbulkannya dan menyebabkan tanah retak, longsor, bangunan hancur, kebakaran karena arus pendek listrik, serta dapat mengakibatkan kematian karena tertimpa bangunan hancur. 

Kekeringan merusak lingkungan karena tanaman mati dan kering hingga mudah terbakar. Keadaan ini akan terjadi ketika musim kemarau hingga banyak hutan yang terbakar, misalnya di Sumatra dan Kalimantan.

Angin topan merupakan angin dengan kecepatan tinggi hingga benda-benda yang dilaluinya dapat hancur atau roboh.

Bila angin topan terjadi di daerah pantai, air laut menjadi pasang hingga terbawa ke daratan dan merusak benda-benda yang dilaluinya dapat mengakibatkan kematian bagi manusia dan binatang di sekitarnya. 

Kerusakan lingkungan disebabkan oleh letusan Gunung berapi (ilustrasi foto/KlikDokter)

Jendela Info

Pertumbuhan penduduk yang tinggi serta penerapan teknologi modern dalam mengeksploitasi lingkungan alam akan mempercepat habisnya kekayaan alam di lingkungan.

Aktivitas manusia dalam mengolah lingkungan membawa pengaruh pada lingkungan, yaitu kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan selalu terjadi sepanjang sejarah lingkungan itu sendiri. Tahukah kalian faktor apa saja yang dapat merusak lingkungan?

Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup tumbuh dan berkembang secara wajar.

Baca juga Persebaran Flora dan Fauna Indonesia dipegaruhi letak geografis

Daya lenting lingkungan adalah daya atau kemampuan lingkungan untuk pulih kembali ke keadaan seimbang. Artinya, lingkungan secara alami dapat memperbaiki dirinya menuju keseimbangan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker