PJJ IPS KELAS 7

Aktivitas Ekonomi untuk Kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia

Aktivitas ekonomi untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia, Aktivitas ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aktivitas ekonomi antara lain produksi, distribusi dan konsumsi serta permintaan dan penawaran.

Telah dijelaskan bahwa manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya namun terkadang terbentur pada kelangkaan, yaitu kondisi dimana barang/jasa lebih sedikit dibandingkan dengan permintaan di masyarakat. Kelangkaan ini harus segera diatasi, yaitu dengan melakukan kegiatan distribusi.

Kesejahteraan atau sejahtera dapat diartikan dengan suatu kondisi atau keadaan yang baik dimana orang-orang yang terdapat di dalamnya berada dalam keadaan makmur, sehat dan damai karena telah tercukupinya semua kebutuhan hidup.

Konsep Persatuan dan Kesatuan

Aktivitas ekonomi untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia, suatu negara yang penduduknya sejahtera akan semakin erat kesatuannya. Konsep persatuan dan kesatuan ialah meletakkan berbagai perbedaan (agama, suku, bahasa dan budaya serta lainnya) dalam suatu wadah persamaan sebagai bangsa Indonesia.

(Ilustrasi foto / BLOG IDN)

Dengan demikian, untuk menciptakan persatuan bangsa perlu didahului dengan rasa tenang dan aman pada setiap individu. Kondisi tenang dan aman di sini dimaksudkan dengan kondisi sejahtera yaitu ketika semua kebutuhan sehari-hari telah dapat dipenuhi oleh semua masyarakat Indonesia.

Pemenuhan kebutuhan akan barang atau jasa berkaitan dengan distribusi dan distribusi biasanya dilakukan pada sebuah pasar yaitu tempat terjadinya kegiatan permintaan dan penawaran barang.

Pada aktivitas ini Ananda akan melakukan kegiatan praktek bersama keluarga. Kegiatan praktek yang berorientasi pada penggalian kemampuan yang terdapat pada diri Ananda untuk menghadirkan kegiatan distribusi sehingga terciptalah pasar.

Melakukan pengamatan

Melakukan pengamatan dan menuliskan hasil pengamatan tentang kegiatan wirausaha di lingkungan tempat tinggal atau dari media sosial. Berikut langkahlangkahnya:

  1. Amati keadaan sekeliling tempat tinggal Ananda.
  2. Barang apakah yang banyak diminati oleh tetangga/orang terdekat sekitar Ananda?
  3. Bagaimana tetangga/orang terdekat sekitar Ananda mendapatkan barang tersebut?
  4. Persiapkan diri Ananda untuk menciptakan barang tersebut dan kemudian berusahalah untuk mendistribusikannya!

Setelah Ananda berhasil menuliskan pengamatan tersebut, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik, Ananda dapat memilih cara penyerahan tugas sesuai dengan kondisi Ananda yaitu sebagai berikut:

  • Serahkan di sekolah saat mengambil bahan ajar berikutnya.
  • Apabila memiliki fasilitas Hp/laptop dan kuota dapat mengirimkan foto pekerjaan Ananda melalui whatsapp/Instagram/google classroom.

Baca juga Aktivitas Distribusi Untuk Menyalurkan Hasil Produksi Kedapa Konsumen

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button