PPKn Kelas 9

Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya konflik

BUGURUKU.COM – Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya konflik, konflik yang terjadi dalam masyarakat merupakan gejala sosial yang ada dalam masyarakat, apalagi masyarakat yang beragam. Ada yang berpendapat bahwa konflik senaktiasa aka nada dalam masyarakat hanya berbeda ruang dan waktu.

Sulit menemukan masyarakat tanpa konflik sepanjang masa. Namun demikian kita harus mencegah konflik yang terjadi dalam masyarakat secara terus menerus dan membawa akibat yang merugikan semua pihak.

Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya konflik, konflik dalam masyarakat memiliki akibat positif dan negatif secara perorangan maupun kelompok. Hubungan antar anggota kelompok atau masyarakat semakin kuat. Namun konflik juga memiliki akibat yang negatif, seperti ;

Perpecahan masyarakat

Perpecahan merupakan akibat nyata dari konflik yang terjadi dalam masyakarat, kerukunam masyarakat akan tertanggu akibat konflik yang terjadi. Anggota yang sebelumnya saling bertetangga berubah saling tidak bertegur sapa, saling membenci, saling berprasangka dan sebagainya. Apabila konflik terjadi di sekolah membuat hubungan dengan teman putus, suasana belajar tidak nyaman dan tidak tertib.

Kerugian harta benda

Kehancuran harta benda sering terjadi konflik dalam masyarakat. Kerusakan pasilitas umum, rumah pribadi, raman yang rusak merupakan contoh nyata akibat konflik. Konflik juga dapat mengakibatkan korban jiwa dalam masyarakat.

Kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada

Nilai-nilai dan norma sosial bisa hancur akibat konflik dalam masyarakat, seperti nilai kasih sayang, kekeluargaan, saling tolong menolong persaudaraan akan memudar bahkan hilang akibat konflik. Nilai-nilai ini bisa digantikan oleh rasa dendam, curiga dan tidak percaya kelompok lain dan sebagainya. Aturan-aturan sosial juga bisa berubah seperti larangan bertemu dengan kelompok lain, larangan kerja sama dengan kelompok lain, dan sebagainya.

Perubahan kepribadian

Kepribadian seseorang dapat berubah akibat dari konflik, seperti anak-anak korban konflik menjadi pemurung, takut melihat orang lain dan pendendam. Orang yang terlibat konflik bisa menjadi beringas, pemarah dan agresif.

Baca juga Saling menghargai perasaan orang

Uraian di atas mempertegas bahwa konflik yang terjadi dalam masyakarat lebih membawa akibat negatif dari pada akibat nilai positif. Oleh karena itu kita harus menyadari arti penting mencegah terjadinya konflik dalam masyarakat. Kehidupan masyarakat yang damai tanpa konflik merupakan dambaan setiap orang. Kita bisa belajar dengan tenang, bermain dengan senang, bila tidak ada konflik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button