Pedagogik

Terlambat datang ke sekolah tidak menunjukkan sikap?

Terlambat datang ke sekolah tidak menunjukkan sikap?
  • A. Apa akibatnya jika kita terlambat datang ke sekolah?
  • B. Bagaimana cara menghindari keterlambatan ke sekolah?
ADVERTISEMENT

Terlambat datang ke sekolah tidak menunjukkan sikap? Terlambat datang ke sekolah adalah ketidak hadiran atau kehadiran terlambat siswa di sekolah setelah waktu yang ditentukan oleh sekolah sebagai waktu masuk atau hadir di sekolah. Waktu masuk atau hadir di sekolah ditentukan oleh sekolah berdasarkan jadwal pelajaran atau aturan sekolah yang berlaku.

Seorang siswa dianggap terlambat datang ke sekolah jika ia datang setelah waktu yang ditentukan untuk masuk atau hadir di sekolah tersebut. Hal ini biasanya dianggap sebagai pelanggaran aturan sekolah dan dapat berdampak pada prestasi belajar siswa.

A. Apa akibatnya jika kita terlambat datang ke sekolah?

Terlambat datang ke sekolah dapat berdampak pada prestasi belajar dan perilaku siswa. Berikut adalah beberapa akibat dari terlambat datang ke sekolah:

  1. Mengganggu konsentrasi dan fokus: Terlambat datang ke sekolah dapat mengganggu konsentrasi dan fokus siswa dalam belajar, karena mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan di kelas yang telah dimulai.
  1. Memimpin pada ketidakhadiran: Siswa yang sering terlambat datang ke sekolah rentan terkena absensi atau ketidakhadiran, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka.
  1. Hilangnya pelajaran penting: Siswa yang terlambat datang ke sekolah mungkin akan melewatkan beberapa informasi atau pelajaran penting yang diberikan pada awal kelas.
  1. Persepsi negatif: Terlambat datang ke sekolah dapat menciptakan persepsi negatif dari guru dan teman sekelas, yang dapat mempengaruhi hubungan sosial dan akademik siswa.
  1. Sanksi atau hukuman: Terlambat datang ke sekolah biasanya dianggap sebagai pelanggaran aturan sekolah, sehingga dapat berakibat pada sanksi atau hukuman, seperti teguran, pembinaan, atau tindakan disiplin lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk menghindari terlambat datang ke sekolah dan selalu mematuhi jadwal masuk atau hadir yang telah ditetapkan oleh sekolah, untuk mendukung prestasi belajar dan perilaku yang positif di sekolah.

Baca juga 3 BIDANG PEKERJAAN YANG BANYAK DIMINATI WANITA INDONESIA

B. Bagaimana cara menghindari keterlambatan ke sekolah?

Berikut beberapa cara yang dapat membantu menghindari keterlambatan ke sekolah:

  1. Bangun lebih awal: Usahakan untuk bangun lebih awal dari waktu yang biasanya diperlukan untuk berangkat ke sekolah, sehingga masih ada waktu yang cukup untuk menyiapkan diri dan mengatasi kendala yang mungkin muncul.
  1. Persiapkan perlengkapan sebelumnya: Siapkan perlengkapan yang diperlukan untuk sekolah seperti buku-buku, tas, pakaian, dan makanan yang akan dikonsumsi di sekolah, sebelumnya pada malam harinya atau beberapa jam sebelum berangkat, sehingga meminimalkan kemungkinan terlambat.
  1. Periksa jadwal dan rute transportasi: Pastikan untuk memeriksa jadwal dan rute transportasi yang akan digunakan untuk pergi ke sekolah. Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan mengetahui jadwal keberangkatan dan estimasi waktu perjalanan.
  1. Hindari kegiatan yang dapat mengganggu waktu: Hindari melakukan kegiatan yang tidak penting atau dapat mengganggu waktu, seperti menonton televisi atau main game sebelum berangkat ke sekolah.
  1. Tingkatkan disiplin dan tanggung jawab: Tingkatkan disiplin dan tanggung jawab terhadap diri sendiri untuk selalu hadir tepat waktu di sekolah, dengan menghargai waktu dan menyelesaikan tugas-tugas dengan baik.
  1. Berkomunikasi dengan pihak sekolah: Jika terdapat kendala yang memungkinkan untuk terlambat, segera berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk memberi tahu alasan dan meminta izin atau pengertian.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan dapat membantu siswa menghindari keterlambatan ke sekolah dan memastikan bahwa mereka selalu hadir tepat waktu untuk memulai hari belajar mereka.

Terlambat datang ke sekolah tidak menunjukkan sikap? (ft/istimewa)
Gambar. Terlambat datang ke sekolah tidak menunjukkan sikap? (ft/istimewa)

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button