Advertisement
Advertisement
Sosiologi

Struktur sosial manusia sebagai mahluk hidup dalam masyarakat

Advertisement

Struktur sosial manusia sebagai mahluk hidup dalam masyarakat. Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat. Manusia menjadi manusia karena dia tinggal dan hidup di dalam masyarakat. Sejak lahir sampai dengan kematiannya, dia tidak pernah hidup “sendiri” tetapi selalu berada dalam suatu lingkungan sosial yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Lingkungan sosial adalah suatu bagian dari suatu lingkungan hidup yang terdiri atas antar hubungan individu dan kelompok dan pola-pola organisasi serta segala aspek yang ada dalam masyarakat yang lebih luas di mana lingkungan sosial tersebut merupakan bagian daripadanya.

Struktur sosial manusia, lingkungan sosial tersebut dapat terwujud sebagai kesatuankesatuan sosial atau kelompok-kelompok sosial, tetapi dapat juga terwujud sebagai situasi-situasi sosial yang merupakan sebagian dari dan berada dalam ruang lingkup suatu kesatuan atau kelompok sosial.

Advertisement

Kesatuan-kesatuan sosial dan kelompok-kelompok sosial tersebut masingmasing mempunyai aturan-aturan yang berbeda satu dengan lainnya, di mana manusia yang terlibat atau berada di dalamnya harus mentaati aturan-aturan tersebut dalam berbagai hubungan-hubungan sosial yang dilakukannya menurut masing-masing kelompok dan kesatuan sosial.

Kelompok Masyarat dan Kesatuan Sosial

Dalam setiap masyarakat, jumlah kelompok dan kesatuan sosial itu bukan hanya satu, sehingga seorang warga bisa termasuk dalam berbagai kelompok dan kesatuan sosial yang ada di masyarakat.

Di satu pihak dia termasuk dalam suatu kesatuan sosial yang terorganisasi menurut aturan-aturan kekerabatan, seperti: keluarga, kelompok orangorang yang seketurunan, atau kelompok orang-orang yang digolongkan sebagai sekerabat, dan sebagainya;

dia juga bisa menjadi anggota atau warga organisasi yang ada dalam wilayah tempat tinggalnya, seperti: RT, RW, Paguyuban Pemuda Kampung atau desa, dan sebagainya;

dia juga bisa menjadi anggota dari berbagai perkumpulan dan organisasi di tempat kerjanya; ataupun menjadi anggota berbagai perkumpulan yang dimasukinya karena dia merasa sebagai satu golongan dengan perkumpulan tersebut (yang terwujud berdasarkan atas persamaan umur, jenis kelamin, perhatian ekonomi, perhatian dan ide politik, asal suku bangsa, dan daerah yang sama, dan sebagainya), dan juga karena persamaan kesenangan atau hobi dengan sejumlah orang lainnya.

Masyarakat

Istilah atau kata masyarakat sering muncul dalam berbagai media dan dipergunakan orang dengan berbagai keperluan dan maksud serta makna. Coba kalau kita perhatikan media cetak atau elektronik seperti acara televisi, maka akan ditemukan banyak sekali maksud dan keperluan serta makna dari kata masyarakat yang dipergunakan oleh pelaku media. 

Advertisement

Struktur sosial manusia, penggunaan kata masyarakat seringkali tercampuradukkan dalam kehidupan sehari-hari. Disatu waktu kata “masyarakat” dipergunakan sesuai dengan makna kata “masyarakat” itu sendiri.

Tetapi, terkadang kata masyarakat dipergunakan untuk makna yang bukan sebenarnya, seperti kata “rakyat”. Bahkan makna masyarakat tersebut sering dicampuradukan dengan istilah “komunitas”. 

Kata masyarakat dalam bahasa Inggrisnya society, sedangkan kata komunitas dalam bahasa Inggrisnya community. Dua istilah (konsep) tersebut sering ditafsirkan secara sama, padahal sangat berbeda artinya.

Advertisement

Society atau masyarakat berbeda dengan komunitas (community) atau masyarakat setempat. Terdapat perbedaan mendasar antara kedua konsep tersebut.  

Konsep Masyarakat

Krech, seperti yang dikutip Nursid (2000), mengemukakan bahwa masyarakat adalah “is that it is an organized collectivity of interacting people whose activities become centered arounds a set of common goals, and who tend to share common beliefs, attitudes, and modes of action.

Jadi ciri atau unsur masyarakat adalah kumpulan orang; sudah terbentuk lama; sudah memiliki sistem sosial atau struktur sosial tersendiri; dan memiliki kepercayaan, sikap, dan perilaku yang dimiliki bersama. 

Advertisement

Fairchild et al (dalam Nursid, 2000) memberikan batasan masyarakat sebagai: “a group human beings cooperating in the pursuit of several of their major interest, invariably including self maintenance and self-perpetuation.

The concept of society includes continuity, complex associational relationships, and a composition including representatives of fundamental human types, specifically men, women, and children”. 

Berdasarkan pengertian ini, maka yang menjadi unsur dari masyarakat adalah kelompok manusia; adanya keterpaduan atau kesatuan diri berlandaskan kepentingan utama; Adanya pertahanan dan kekekalan diri; adanya kesinambungan; dan adanya hubungan yang pelik diantara anggotanya. 

Sedangkan Horton (1993) sebagai “a relatively independents, selfperpetuating human group who accupy territory, share a culture, and have most of their associations within this group”. 

Adapun ciri-ciri masyarakat adalah kelompok manusia; memiliki kebebasan dan bersifat kekal; menempati suatu kawasan; memiliki kebudayan; dan memiliki hubungan dalam kelompok yang bersangkutan. 

Setiap kelompok masyakarat memiliki karakteristik tersendiri antara satu dengan yang lainnya (Universitas Multimedia Nusantara)

Karakteristik Kelompok Masyarakat

Dengan demikian, karakteristik dari masyarakat itu terutama terletak pada kelompok manusia yang bebas dan bersifat kekal, menempati kawasan tertentu, memiliki kebudayaan serta terjalin dalam suatu hubungan di antara anggota-anggotanya.

Baca juga Teknologi dan Fungsi Wiraswasta dalam Perkembangan Ekonomi

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah merupakan kelompok atau kolektivitas manusia yang melakukan interaksi-komunikasi dengan sesama, sedikit banyak bersifat kekal, berlandaskan perhatian dan tujuan bersama, serta telah melakukan jalinan secara berkesinambungan dalam waktu yang relatif lama, dan adanya kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut. 

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button