Sejarah

SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MATARAM KUNO

Sejarah singkat Kerajaan Mataram Kuno adalah sebuah kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri pada abad ke-8 sampai abad ke-16 Masehi di Jawa Tengah, Indonesia. Ia merupakan salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di wilayah tersebut selama periode tersebut.

Kerajaan ini didirikan oleh Sanjaya, seorang pemimpin yang memproklamasikan dirinya sebagai raja pada abad ke-8. Selama periode kejayaannya, Mataram menjadi sentral dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya di wilayah tersebut.

Pada abad ke-10, Mataram mengalami periode kejayaan yang besar, terutama berkat kebijakan yang diterapkan oleh Raja Sri Makutawangsa. Ia memperkuat posisi kerajaan dengan memperluas wilayah kekuasaan dan memperkuat ekonominya. Pada abad ke-16, Mataram mulai mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh setelah berbagai perselisihan politik dan perebutan kekuasaan.

Walaupun Mataram Kuno sudah runtuh, warisan budaya dan arsitektur yang ditinggalkan masih terlihat sampai saat ini, terutama dalam bentuk candi dan pura yang tersebar di seluruh Jawa Tengah. Salah satu candi yang paling terkenal adalah Candi Borobudur, yang merupakan salah satu warisan budaya dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

A. Letak Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Wilayah kekuasaannya meliputi bagian tengah dan selatan Pulau Jawa, termasuk daerah sekitar kota Yogyakarta dan Surakarta saat ini. Pusat kerajaan bergantung pada era dan pemimpin yang berkuasa pada waktu tersebut, tetapi beberapa lokasi yang dianggap sebagai pusat kerajaan meliputi area sekitar kota Pajang dan kota Mataram.

B. Wilayah Kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno adalah sebuah kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-10 di Jawa Tengah, Indonesia. Wilayah kekuasaannya meliputi sebagian besar pulau Jawa, termasuk wilayah hulu Sungai Progo hingga hulu Sungai Brantas.

Kerajaan Mataram Kuno terkenal dengan pembangunan tempat ibadah dan candi-candi Hindu-Buddha seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kekuasaan kerajaan ini sangat mempengaruhi budaya dan kebudayaan Jawa hingga kini.

Namun, seiring berjalannya waktu, wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno mulai terpecah dan berkurang seiring dengan munculnya kerajaan-kerajaan lain di Jawa. Pada abad ke-17, wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno hanya terbatas pada wilayah Jawa Tengah saja.

Gambar. Sejarah singkat Kerajaan Mataram Kuno (ft/istimewa)

B. Siapa saja raja Kerajaan Mataram Kuno?

Berikut adalah beberapa raja dari Kerajaan Mataram Kuno:

  1. Sanjaya (abad ke-8) – raja pertama yang memproklamasikan dirinya sebagai pemimpin Mataram dan memulai periode kejayaan kerajaan.
  2. Sri Makutawangsa (abad ke-10) – raja yang memperkuat posisi kerajaan dan memperluas wilayah kekuasaan.
  3. Maharaja Airlangga (abad ke-11) – raja yang terkenal dengan kebijakan ekonomi dan kebudayaannya yang progresif.
  4. Jayabaya (abad ke-12) – raja yang memerintah Mataram selama periode yang stabil dan memperkuat posisi kerajaan.
  5. Jayakatwang (abad ke-13) – raja yang memerintah Mataram selama periode yang dipenuhi oleh perselisihan politik dan perebutan kekuasaan.
  6. Raden Wijaya (abad ke-14) – raja yang memerintah Mataram pada saat kerajaan runtuh dan memulai periode pemerintahan Majapahit.

Ini hanya beberapa contoh dari raja-raja Mataram Kuno, tetapi ada banyak raja lain yang memimpin kerajaan selama periode kejayaan dan kemunduran.

C. Kapan masa kejayaan mataram kuno?

Masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno berlangsung sekitar abad ke-10 sampai abad ke-13 Masehi. Pada masa ini, kerajaan memperluas wilayah kekuasaannya dan memperkuat posisi politik, ekonomi, dan budayanya. Raja Sri Makutawangsa, yang memerintah pada abad ke-10, memainkan peran penting dalam memperkuat posisi kerajaan dan memulai masa kejayaan ini.

Selama masa kejayaan, Mataram menjadi salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di wilayah Jawa Tengah. Ia menjadi sentral dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya, dan memainkan peran penting dalam mempengaruhi wilayah lain di Indonesia. Masa kejayaan ini juga ditandai dengan berbagai kebijakan progresif dalam bidang ekonomi dan budaya, dan dengan dibangunnya beberapa bangunan candi dan pura yang kini menjadi warisan budaya yang penting.

D. Kapan runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno?

Kerajaan Mataram Kuno runtuh pada abad ke-14. Periode ini ditandai oleh perselisihan politik dan perebutan kekuasaan yang memuncak, serta serangan dari beberapa kerajaan lain di Indonesia. Akhirnya, pada tahun 1293, Raden Wijaya memproklamasikan dirinya sebagai raja Mataram dan memulai periode pemerintahan Majapahit.

Penyebab runtuhnya Mataram Kuno tidak diketahui secara pasti, tetapi banyak ahli yang berpendapat bahwa perselisihan politik dan perebutan kekuasaan adalah faktor utama. Ada juga faktor luar, seperti serangan dari kerajaan lain, yang dianggap memainkan peran penting dalam runtuhnya Mataram Kuno.

Sejarah singkat Kerajaan Mataram Kuno. Meskipun runtuh, Kerajaan Mataram Kuno tetap memainkan peran penting dalam sejarah Indonesia dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap budaya dan tradisi Jawa Tengah hingga sekarang.

Baca juga Kerajaan Medang Kamulan merupakan Kerajaan lanjutan Mataram Kuno

E. Apa bukti Kerajaan Mataram Kuno?

Ada beberapa bukti yang menunjukkan eksistensi dan kejayaan Kerajaan Mataram Kuno, antara lain:

  1. Prasasti dan Relief Candi – Beberapa candi dan pura di Jawa Tengah, seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur, memiliki relief dan prasasti yang menceritakan tentang kejayaan dan perkembangan Kerajaan Mataram Kuno.
  2. Dokumen Sejarah – Beberapa dokumen sejarah, seperti babad, menceritakan tentang raja-raja dan kejadian penting dalam sejarah Mataram Kuno.
  3. Arkeologi – Penelitian arkeologi di Jawa Tengah juga menemukan beberapa artefak dan situs yang menunjukkan adanya kerajaan Mataram Kuno.
  4. Tradisi dan Budaya – Beberapa tradisi dan budaya di Jawa Tengah, seperti wayang, masih sangat kuat dan memiliki hubungan dengan sejarah Kerajaan Mataram Kuno.

Sejarah singkat Kerajaan Mataram Kuno. beberapa bukti eksistensi dan kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Meskipun beberapa detail tentang sejarah kerajaan ini masih belum jelas, bukti-bukti ini membantu kita memahami perkembangan dan pentingnya kerajaan ini dalam sejarah Indonesia.

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button