Ekonomi

Rangkuman perdagangan internasional atau perdagangan antar negara

Rangkuman perdagangan internasional atau perdagangan antar negara,

  1. Perdagangan internasional adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan satu negara dengan negara lain, dimana hal ini terjadi sebagai akibat keterbatasan sumber daya yang ada negara tersebut.
  2. Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN.
  3. Manfaat perdagangan internasional dan MEA yaitu memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri, memperoleh keuntungan dari spesialisasi, memperluas pasar dan menambah keuntungan, transfer teknologi modern.
  4. Perdagangan internasional dapat dijelaskan berdasarkan beberapa teori sebagai berikut: Teori Merkantilisme, Teori Keunggulan Absolut Adam Smith, Teori Keunggulan Komparatif David Ricardo, dan Teori Permintaan Timbal Balik Stuart Mill.
  5. Beberapa faktor pendorong timbulnya perdagangan internasional dan MEA antara lain adanya pasar bebas, adanya perbedaan kondisi geografis, peningkatan perkembangan teknologi dan informasi, adanya perbedaan teknologi dan menghemat biaya.
  6. Dampak perdagangan internasional dan MEA ada dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak postifnya antara lain saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara, meningkatkan produktivitas usaha, mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan devisa Negara. Sedangkan dampak negatifnya yaitu adanya ketergantungan dengan Negaranegara pengimpor, masyarakat menjad konsumtif dan mematikan usahausaha kecil, serta munculnya tenaga illegal yang masuk ke Indonesia.
  7. Secara umum kebijakan perdagangan internasional dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu politik proteksi, politik autarki dan politik dagang bebas. Adapun kebijakan yang dimaksud dalam politik proteksi bisa berupa tarif, larangan impor, kuota, dumping dan berbagai kebijakan lainnya.
  8. Devisa adalah semua alat pembayaran yang diterima di dunia Internasional. Valuta asing merupakan mata uang yang dapat digunakan atau mudah diterima oleh banyak negara dalam perdagangan Internasional. Mata uang asing yang diterima dalam perdagangan internasional adalah Dollar Amerika (USD)
  9. Rangkuman perdagangan internasional, Nilai tukar atau kurs mata uang asing adalah “harga atau nilai mata uang sesuatu negara dinyatakan dalam nilai mata uang negara lain”. nilai tukar mata uang asing selalu mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu akibat perubahan permintaan dan penawaran atas mata uang tersebut. Selain itu nilai tukar mata uang sebuah negara sifatnya adalah relatif terhadap suatu negara lain (keterkaitan antar dua negara).

Baca juga Perdagangan Antar negara atau Perdagangan Internasional

Gambar 73a Kegiatan ekspor dan impor perdagangan Internasional (ilustrasi foto/Logiztra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button