Advertisement
Advertisement
Advertisement
Pelajaran SMPSeni Budaya Kelas 7

Pola Ragam Hias

Advertisement

BUGURUKU.COM – Pola Ragam Hias, Bentuk ragam hias umumnya memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan dapat berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan. Pola ragam hias geometris dapat ditandai dari bentuknya seperti persegi empat, zig zag, garis silang, segitiga, dan lingkaran. Pola bidang tersebut merupakan pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris adalah dengan mengubah susunan pola ragam hias menjadi pola ragam hias tidak beraturan dan tetap memperhatikan segi keindahan.

Teknik Menggambar Ragam Hias

Pola Ragam Hias sangat bervariatif, ada yang diambil dari flora, fauna, manusia, dan bentukbentuk geometris. Bentuk gambar ragam hias, dapat berupa pengulangan maupun sulursuluran. Pada saat kamu ingin menggambar ragam hias diperhatikan. (Sumber: Dok. Kemdikbud) Gambar 2.8 Ragam hias manusia 1) Perhatikan pola bentuk ragam hias yang akan digambar. 2) Persiapkan alat dan media gambar. 3) Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat. 4) Buatsketsa disalah satu kotak/bidang yang telah dibuat sebelumnya. 5) Buat bentuk yang sama (bisa dijiplak) pada bidang yang lain. 6) Warnai gambar.

Flora

Ragam hias flora dapat kamu lihat di berbagai macam benda atau barang. Gambar ragam hias flora memiliki bentuk dan pola yang beraneka ragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam hias flora dengan ciri khasnya masingmasing. Kamu sekarang bisa menggambar ragam hias dengan mudah. Kamu bisa menggunakan pola pengulangan maupun sulur-suluran.

Advertisement

Ragam hias dapat diambil dari objek daun tunggal, lalu dapat distilasi sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu. Menggambar objek daun tunggal dapat dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai stilasi.

Fauna

Bentuk ragam hias fauna memiliki keindahan dan keunikan yang sama dengan ragam hias flora. Jenis fauna yang biasa diambil sebagai objek gambar ragam hias, yaitu burung, gajah, cicak, ikan, dan ayam. Ragam hias fauna bisa digabung dengan ragam hias flora atau hanya sejenis saja.

Beberapa tahapan dalam menggambar ragam hias fauna sebagai berikut. a) Tentukan jenis fauna yang akan dibuat gambar ragam hiasnya. b) Buatlah pola gambar ragam hiasnya. c) Berilah warna pada hasil gambar ragam hiasnya.

Geometris

Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometri, misalnya segitiga, segi empat, dan lingkaran. Penggunaan motif geometris dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris.

Baca juga Teknik pengolahan panas kering

Manusia

Motif hias figuratif menggunakan motif manusia yang digambar dengan penggayaan tertentu. Motif hias ini misalnya digunakan pada karya tekstil maupun karya kayu, yang dibuat dengan teknik menggambar atau mengukir. Motif manusia misalnya ditemukan di Jawa, Bali, dan Papua.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button