EkonomiSMK Ekonomika

Permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi merupakan Pasar

Permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi merupakan Pasar, suatu penggambaran atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual terhadap suatu barang.

Permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu yang diminta (dibeli) pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan dalam waktu tertentu. Permintaan tercipta apabila pembeli memiliki keinginan untuk membeli barang dan jasa yang disertai oleh kemampuan untuk membayarnya.

Teori permintaan adalah teori yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah barang yang diminta/dibeli oleh masyarakat dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Permintaan seseorang atau sebuah masyarakat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Contoh

Permintaan dan penawaran sebagai contoh, ketika seseorang hendak membeli sebuah rumah, disamping harga rumah, ia biasanya akan mempertimbangkan lingkungan sosial di mana rumah tersebut berada, jarak rumah tersebut dari tempat-tempat pelayanan masyarakat seperti:

angkutan umum, supermarket, sekolah, pasar dan sebagainya, fasilitas umum di sekitar rumah tersebut. Secara umum, para ekonom telah menentukan beberapa faktor terpenting yang biasanya mempengaruhi permintaan suatu masyarakat atas suatu barang atau jasa. Faktor-faktor tersebut adalah:

Harga barang/jasa itu sendiri. · Harga barang lain. · Pendapatan masyarakat. · Distribusi Pendapatan · Cita rasa masyarakat. · Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.

Jika ditulis dalam sebuah fungsi, maka jumlah barang yang diminta merupakan fungsi dari keseluruhan faktor tersebut diatas dan akan terlihat seperti dibawah ini:

Gambar 28a. Jumlah Barang yang diminta merupakan fungsi dari keseluruan factor (ilustrasi foto/istimewa)

Namun sangat sulit untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor diatas secara sekaligus dalam menentukan permintaan terhadap barang/jasa .

Oleh karena itu dalam teori permintaan, para ekonom biasanya membuat analisis yang lebih sederhana, yaitu jumlah permintaan atas barang/jasa dipengaruhi oleh harga dari barang/jasa tersebut, dan mengasumsikan faktor-faktor lain tidak berubah (ceteris paribus).

Qd = f (P)

Pengaruh dari faktor-faktor lain tersebut kemudian dianalisis dengan mengasumsikan bahwa harga tidak berubah, misalnya bagaimana perubahan pendapatan masyarakat akan merubah (menambah/mengurangi) permintaan atas suatu barang.

Baca juga Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi Unsur Negara

Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button