Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Pengertian Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Advertisement

Pengertian Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia, Kebutuhan manusia sangat beragam bahkan semakin hari dapat dikatakan semakin bertambah seiring kemajuan zaman, teknologi dan modernisasi yang dialami umat manusia.

Meskipun kebutuhan manusia dapat dikatakan beragam dan tidak terbatas, jumlah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut cukup terbatas. Beberapa barang dan jasa bahkan dapat dikatakan langka karena tidak tersedia dengan jumlah yang banyak.

Penyebak Kelangkaan

Jumah barang dan jasa yang terbatas sementara semua manusia menginginkannya menyebabkan barang dan jasa tersebut mengalami kelangkaan.

Advertisement

Kelangkaan adalah fenomena yang terjadi akibat adanya ketidakseimbangan antara ketersediaan barang dan jasa dengan jumlah permintaan manusia yang membutuhkannya. Kelangkaan juga dikatakan terjadi ketika seorang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Pengertian Kelangkaan, keterbatasan atau kelangkaan barang dan jasa dibandingkan dengan jumlah manusia yang membutuhkan atau ingin membelinya disebut sebagai permasalahan ekonomi.

Masalah ekonomi muncul karena semua manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sementara barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan tersebut berjumlah terbatas.

Ilmu ekonomi adalah bagian dari ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup demi mencapai kemakmuran atau kesejahteraan.

Kemakmuran akan tercapai bila semua kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi dengan baik. Untuk mencapai kemakmuran.

Pengorbanan Manusia

Manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan-tindakan berupa pengorbanan tenaga kerja, waktu, materi dan ketidaknyamanan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Advertisement

Telah dijelaskan pada aktivitas sebelumnya bahwa upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia tidak terlepas dari kondisi geografis suatu wilayah.

Setiap wilayah memiliki sumber daya alam yang berbeda sehingga masyarakat di wilayah tersebut harus berinteraksi, bekerjasama dan bertukar komoditi dengan masyarakat di wilayah lain untuk memenuhi kebutuhan.

Kegiatan pembangunan sarana perhubungan antar wilayah yaitu transportasi dan komunikasi dilakukan pemerintah untuk memperlancar interaksi atau pertukaran barang dan jasa dari masyarakat satu wilayah dengan masyarakat wilayah lain.

Advertisement

Kelancaran pertukaran atau distribusi barang dan jasa antar wilayah penting agar tidak terjadi kesenjangan antara kesejahteraan masyarakat satu dengan masyarakat yang lain.

Baca juga Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Meskipun demikian upaya pembangunan dan pemerataan ini seringkali terbentur dengan nilai-nilai dan cara hidup masyarakat suatu daerah.

Advertisement

PEMAHAMAN MATERI

Hingga pada materi ini, Ananda telah memahami sedikit tentang konsep kelangkaan dalam ilmu ekonomi dan adanya perbedaan sumber daya satu daerah dengan daerah lain.

Untuk dapat memperdalam pengetahuan Ananda akan hal ini, lakukanlah pengisian masing-masing 5 sumber daya yang dihasilkan dari desa dan kota pada tabel yang telah disediakan dibawah ini.

Baris tabel nomor 1 sudah diisi sebagai contoh Ananda untuk mengisi baris tabel selanjutnya.

TABEL PEMAHAMAN MATERI

NoContoh sumber daya dari wilayah desaContoh sumber daya dari kota
1BerasPakean
2……………………………………………………………………
3……………………………………………………………………
4……………………………………………………………………
5……………………………………………………………………

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button