Advertisement
Advertisement
EkonomiSMA Kelas 10

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Advertisement

Pengertian investasi menurut para ahli, Pengertian investasi diartikan sebagai pengeluaran yang ditujukan untuk menambah atau mempertahankan persediaan modal atau persediaan kapital (capital stock). Perlu kita sadari bahwa pengertian investasi dalam ekonomi berbeda dengan istilah investasi yang dipergunakan sehari-hari.

Contoh pembelian barang maupun jasa seperti gedung, mesin, peralatan dan pendidikan dapat digolongkan sebagai investasi, tetapi pembelian surat berharga seperti obligasi, dan saham bukan merupakan investasi dalam pengertian ekonomi, alasannya karena pembelian obligasi dan saham hanya merupakan pertukaran kertas berharga dan tidak ada kapasitas produksi baru yang diciptakan.

Pengertian investasi menurut para ahli, dalam pertukaran kertas berharga tersebut tidak ada investasi real dalam perekonomian. Tetapi jika seseorang memiliki saham kemudian dijual dan uangnya dipergunakan untuk membeli mesin-mesin, gedung dan peralatan lain, maka pengeluaran ini dapat diartikan sebagai investasi dalam arti ekonomi.

Advertisement

Penggolongan Investasi

Secara garis besar investasi dapat digolongkan menjadi 5 (lima) macam yaitu:

  1.  Investasi tetap, investasi perusahaan yang terdiri dari: pengeluaran perusahaan untuk mesin-mesin, perlengkapan, bangunan yang semuanya bersifat tahan lama.
  2. Investasi untuk perumahan khususnya rumah tempat tinggal.
  3. Investasi yang berupa penambahan persediaan atau inventory.
  4. Investasi Bruto atau Investasi Kotor yaitu semua tambahan barang-barang modal (stock capital) selama periode tertentu, baik tambahan yang benarbenar baru ataupun tambahan barang-barang modal yang sifatnya untuk penggantian barang-barang modal yang sudah ada (replecement).
  5. Investasi Netto atau Investasi Bersih yaitu semua tambahan barang-barang modal (stock capital) selama periode tertentu yang benar-benar baru. Dalam investasi bersih ini tidak diperhitungkan tambahan barang-barang modal yang sifatnya untuk penggantian barang-barang modal yang sudah ada (replecement). Investasi Netto bisa dicari dari Investasi Bruto dikurangi dengan penggantian (replacement) atau untuk penyusutan (depresiasi).

Baca juga Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan

Konsep Nilai Waktu dari Uang (Present Value of Money)

Dalam konsep nilai waktu dari uang kita mengenal 2 (dua) macam, yaitu:

a. Konsep Nilai Sekarang (Present Value)

Konsep nilai sekarang digunakan untuk menilai arus kas masuk yang akan diterima di masa yang datang, jika dinilai sekarang. Pengertian lain mengetahui bagaimana menghitung nilai sekarang untuk returnyang akan diterima di waktu yang akan datang.

Di mana: PV= Nilai Sekarang (Present Value) FV= Nilai yang akan datang (Future Value) r = tingkat bunga yang berlaku n = jangka waktu dalam tahun.

Baca juga Kurs Mata Uang dalam Kegiatan Ekspor dan impor

Advertisement

b. Konsep Nilai Mendatang (Future Value)

Konsep nilai mendatang atau yang akan datang digunakan untuk menilai dana yang dimiliki saat ini bila dihitung di masa yang datang. Pengertian lain untuk menghitung nilai yang akan datang dari sejumlah uang yang dimiliki saat ini.

Di mana: PV = Nilai Sekarang (Present Value) FV = Nilai yang akan dating (Future Value) r = tingkat bunga yang berlaku n = jangka waktu dalam tahun

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button