Pengembangan Media Pembelajaran AUD

Pengembangan Media Pembelajaran AUD, Pengembangan media pembelajaran merupakan hal sangat penting dilakukan oleh para guru karena disamping anak-anak memulai belajarnya dari hal-hal yang kongkrit.

Tersedianya media pendidikan tersebut memungkinkan dapat ditumbuhkannya budaya belajar mandiri, budaya demokrasi, dasar pembiasaan untuk kehidupan di kemudian hari, serta menciptakan komunikasi antara anak dengan orang dewasa dan teman sebaya.

Pengembangan media yang dimaksud dalam makalah ini ada suatu cara yang sistematis dalam mengidentifikasi, desain, produksi, evaluasi serta pemanfaatan media pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Setelah memperhatikan uraian mengenai klasifikasi dan karakteristk dari masingmasing media pendidikan di atas, guru juga diharapkan dapat mengembangkan media pendidikan, khususnya media pendidikan sederhana dan alat permainan edukatif.

Kenapa? Hal ini didasari karena media pendidikan jumlahnya banyak dan jenisnya sangat bervariasi, baik yang sengaja dirancang secara khusus untuk keperluan pendidikan (by design) maupun yang sudah tersedia di lingkungan yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan (by utilization).

Tiga Langkan Pengembangan Media

Secara garis besar kegiatan pengembangan media pembelajaran terdiri atas tiga langkah besar yang harus dilalui, yaitu kegiatan perencanaan, produksi dan penilaian. Sementara itu, dalam rangka melakukan desain atau rancangan pengembangan program media. Arief Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi 6 (enam) langkah sebagai berikut:

1. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2. Merumuskan tujuan intruksional (Instructional objective) dengan operasional dan khas 3. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan 5. Menulis naskah media 6. Mengadakan tes dan revisi.

Disamping itu, sampai saat ini masih banyak lembaga pendidikan yang belum mampu mengadakan berbagai jenis media pendidikan yang lengkap dan bervariasi karena keterbatasan dana, terutama yang ada di daerah-daerah pedesaan.

Dengan demikian alternatif yang paling memungkinkan untuk diterapkan secara lebih meluas yaitu mengembangkan media pendidikan yang sifatnya sederhana namun tetap relevan dengan pencapaian kemampuan-kemampuan yang diharapkan dikuasai anak.

Pengembangan Media Pembelajaran AUD sederhana maksudnya adalah jenis media yang memiliki ciri mudah dibuat, bahan-bahannya mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya relatif murah. Jenis media yang dapat diklasifikasikan ke dalam media pendidikan yang sederhana yaitu meliputi jenis media visual yang terdiri atas media gambar diam (still picture), kelompok media grafis, media model, alat permainan dan media realia.

Baca juga Perencanaan dan Penggunaan Media Pembelajaran untuk AUD

Gambar 39a. Media Pendidikan Sederhana memiliki ciri mudah dibuat (ilustrasi foto/Siedoo)
DAFTAR PUSTAKA
  • Arief S. Sadiman, 1990 Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Pustekom Dikbud dan CV Rajawali.
  • Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  • Heinich, R., et. al. (1996) Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.